Kepercayaan Diri Pilar Ekspor Menjelang Piala AFF

By Senin, 12 September 2016 | 06:09 WIB
Irfan Bachdim, Boaz Solossa, dan Andik Vermansah rayakan gol Indonesia ke gawang Malaysia pada laga uji coba di Stadion Manahan, Selasa (6/9/2016).
DOK. PSSI
Irfan Bachdim, Boaz Solossa, dan Andik Vermansah rayakan gol Indonesia ke gawang Malaysia pada laga uji coba di Stadion Manahan, Selasa (6/9/2016).

Setelah laga terakhir berupa perebutan peringkat tiga di SEA Games 2015 kontra Vietnam, 15 Juni, Indonesia vakum dalam pergaulan internasional akibat sanksi FIFA. Buntutnya, hampir seluruh pemain tim nasional “buta” kekuatan global dalam satu tahun terakhir.

Penulis: Kukuh Wahyudi

Walhasil, saat mempersiapkan diri untuk menghadapi Piala AFF 2016 di Filipina, 19 November-17 Desember, sebagian pemain dalam kondisi canggung menjejakkan kaki di dunia luar lagi.

Padahal, sebelum sanksi FIFA saja pengalaman internasional pemain kerap menjadi kambing hitam minimnya prestasi. Akan tetapi, berkat adanya beberapa pemain yang sempat atau masih berkarier di luar negeri, hal itu sedikit bisa teratasi. Saat bersua Malaysia dalam laga persahabatan internasional perdana setelah vakum di Stadion Manahan, Solo, Selasa (6/9), tercatat ada empat pemain yang berstatus ekspor saat terjadi sanksi FIFA lalu.

Mereka adalah Adam Alis (sempat tampil di East Riffa/Bahrain), Dedi Gusmawan (sempat tampil di Zeyar Shwe Myay/Myanmar), Irfan Bachdim (Consadole Sapporo/Jepang), dan Andik Vermansah (Selangor FA/Malaysia).

Empat nama itu menjadi "jendela" bagi pemain lainnya untuk mengetahui seperti apa perkembangan dunia luar. Bagi tim pelatih yang dikepalai Alfred Riedl, keberadaan mereka pun penting tidak hanya untuk urusan teknis di lapangan, tetapi juga untuk memberikan pengalaman nonteknis.

Adam Alis

"Bagi pemain Indonesia yang sempat berkarier di luar negeri, sebenarnya sangat bagus untuk menambah pengalaman. Saya pribadi merasa lebih percaya diri saat harus tampil membela timnas. Tugas saya sekarang mungkin memberikan pengalaman itu ke rekan-rekan yang lain."

Andik Vermansah

"Saya pun senang Bachdim dan Dedi dipanggil memperkuat timnas dalam laga uji coba perdana setelah lepas dari sanksi FIFA. Pengalaman mereka berkarier di luar negeri bisa menolong rekan-rekan yang lain. Soal komposisi pemain yang dipanggil sangat fenomenal. Justru banyak pemain muda dan yang seniornya sedikit. Saya rasa ini sangat bagus untuk Indonesia ke depannya dan pemain muda itu."


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X