Antara Blunder Kiper Timnas U-19 dan Penjaga Gawang Legendaris Italia

By Segaf Abdullah - Selasa, 13 September 2016 | 02:23 WIB
Kiper Indonesia U-19, Satria Tama melakukan blunder saat menangkap bola sepakan pemain Myanmar U-19 di  Vietnam Youth Training Centre, Hanoi, Senin (12/9/2016) sore.
ASEANFOOTBALL.org
Kiper Indonesia U-19, Satria Tama melakukan blunder saat menangkap bola sepakan pemain Myanmar U-19 di Vietnam Youth Training Centre, Hanoi, Senin (12/9/2016) sore.

Pelatih tim nasional (timnas) U-19 Indonesia, Eduard Tjong, mengomentari kesalahan yang diperbuat kiper pengganti, Satria Tama. Menurut Edu, sapaan karib Eduard Tjong, hal tersebut wajar di dalam sepak bola termasuk pernah dialami kiper legendaris Italia.

Antisipasi yang gagal dari Satria Tama mengakibatkan Myanmar U-19 sukses mengunci kemenangan 3-2 atas Indonesia U-19 pada laga Grup B Piala AFF U-19 di Vietnam Youth Training Center, Hanoi, Senin (12/9/2016).

"Soal blunder Satria, saya pikir hal itu manusiawi."

Pelatih Indonesia U-19, Eduard Tjong

Sebetulnya, Satria bukan kiper utama dalam laga tersebut. Pemain asal Persegres Gresik United itu menggantikan Muhammad Riyandi yang cedera pada menit ke-57.

"Soal blunder Satria, saya pikir hal itu manusiawi. Bahkan, kiper legendaris Italia sekelas Dino Zoff saja pernah melakukan blunder," ucap Edu selepas laga.

"Kalau Riyandi, kondisinya masih fifty-fifty. Kami akan tentukan besok apakah dia bisa atau tidak diturunkan kontra Thailand," katanya.

Baca juga:

Selain Edu, pelatih kiper Hermansyah juga ikut angkat bicara. Legenda Bandung Raya itu memberikan alasan mengapa dia lebih memilih Riyandi menjadi kiper nomor satu.

"Menjelang laga ini, mental Riyandi kami nilai yang paling oke. Pergantian yang terjadi juga karena Satria kami anggap lebih siap dibanding Awan Setho," ujar Hermansyah.

Padahal, jika menilik rekam jejak stok tiga kiper timnas U-19, nama Awan Setho terhitung yang paling berpengalaman di pentas internasional.

Tercatat, penjaga gawang asal Persip Pekalongan itu mengalahkan Riyandi dan Satria dengan sembilan penampilannya bersama timnas Garuda Muda.

[video]http://video.kompas.com/e/5119115556001_v1_pjuara[/video]


Editor : Estu Santoso
Sumber : juara


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X