Eduard Tjong Sebut Faktor Utama Penyebab Kegagalan Timnas U-19

By Verdi Hendrawan - Kamis, 22 September 2016 | 04:17 WIB
Pelatih Eduard Tjong (kanan) memberikan pengarahan kepada para pemain Indonesia U-19 pada latihan di Vietnam Youth Training Centre, Hanoi, Sabtu (10/9/2016) sore.
Dok. TIMNAS U-19 INDONESIA
Pelatih Eduard Tjong (kanan) memberikan pengarahan kepada para pemain Indonesia U-19 pada latihan di Vietnam Youth Training Centre, Hanoi, Sabtu (10/9/2016) sore.

Tim nasional (timnas) U-19 Indonesia telah menyudahi langkah mereka pada Piala AFF U-19 2016 di Hanoi, Vietnam. Pelatih Eduard Tjong pun membeberkan penyebab kegagalan skuat Garuda Muda pada ajang tersebut.

Bermain lima kali di fase penyisihan Grup B, Indonesia U-19 takluk tiga kali (2-3 vs Myanmar, 2-3 vs Thailand, dan 1-3 vs Australia).

Sedangkan dua laga lainnya berhasil dimenangkan dengan skor 3-1 dan 4-3 masing-masing atas Laos serta Kamboja.

Melihat kelima hasil tersebut, Indonesia sebenarnya memiliki daya saing tinggi, terutama dalam hal mencetak gol. Namun, kelemahan utama Garuda Muda juga sangat terlihat dalam hal bertahan.

Baca Juga:

Meski hanya menempati posisi ke-4 di Grup B, Indonesia merupakan tim tersubur kedua dan hanya tertinggal satu gol dari juara grup, Thailand. Skuat Garuda Muda berhasil mencetak 12 gol.

Namun, Indonesia juga menjadi tim kedua di grupnya dengan jumlah kebobolan terbanyak dengan 13 kali kemasukan. Jumlah tersebut hanya sedikit lebih baik dari juru kunci Grup B, Laos (14).

Tak heran jika Edu, sapaan akrab Eduard, menilai bahwa kelemahan utama tim dalam dalam mengorganiasai pertahanan.

Meskipun, pelatih berusia 44 tahun itu menilai para pemainnya telah menunjukkan semangat juang yang besar.

"Mengenai evaluasi tim secara menyeluruh, titik kelemahan kami ada di lini pertahanan. Saya pikir, organiasai pertahan adalah fokus utama yang harus kami evaluasi," ucap Edu di Hotel Ibis Cengkareng, Rabu (21/9/2016) malam.


Editor : Estu Santoso
Sumber : juara


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X