Liverpool, Klub Terkaya di Eropa dari Hasil Penjualan Pemain

By Beri Bagja - Kamis, 22 September 2016 | 07:33 WIB
Luis Suarez (kiri) dan Fernando Torres dalam laga Liverpool All-Star Charity Match di Stadion Anfield, Liverpool, 29 Maret 2015.
CHRIS BRUNSKILL/GETTY IMAGES
Luis Suarez (kiri) dan Fernando Torres dalam laga Liverpool All-Star Charity Match di Stadion Anfield, Liverpool, 29 Maret 2015.

 Liverpool FC menjadi klub terkaya di Eropa berdasarkan pemasukan dari hasil menjual para pemainnya. Data tersebut mengacu pada kajian terbaru CIES Football Observatory.

CIES adalah kelompok studi independen sepak bola yang bermarkas di Neuchatel, Swiss.

Mereka menerbitkan hasil analisis mingguan nomor 157 yang mengungkap jumlah uang yang diperoleh klub-klub Eropa dari sektor penjualan pemain di bursa transfer sejak 2010.

Hasilnya, Liverpool memuncaki daftar dengan pendapatan 442 juta euro atau setara Rp 6,49 triliun!

Baca Juga:

Hal yang menarik adalah separuh pemasukan tersebut berasal dari tiga pemain saja.

Liverpool menjual Fernando Torres (ke Chelsea, 2010-2011), Luis Suarez (Barcelona, 2014-2015), dan Raheem Sterling (Manchester City, 2015-2016) dengan harga gabungan 202,72 juta euro!

Setelah Liverpool, Valencia CF menjadi klub dengan pemasukan terbanyak karena mengantongi 432 juta euro.

Pendapatan terbesar klub La Liga itu dalam 7 tahun terakhir berasal dari penjualan Nicolas Otamendi ke Manchester City senilai 44,6 juta euro pada 2015.

Raksasa Italia, Juventus, mengekor di peringkat ketiga dengan meraup 415 juta euro.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Transfermarkt, CIES, Liverpool Echo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X