Memotret Laga Ketiga Lopetegui Menangani Spanyol

By Kamis, 6 Oktober 2016 | 21:08 WIB
Pemain timnas Spanyol melakukan pemanasan menjelang laga babak 16 besar EURO 2016 melawan Italia di Stadion Stade de France, Paris, Prancis, pada 27 Juni 2016.
CLIVE ROSE/GETTY IMAGES
Pemain timnas Spanyol melakukan pemanasan menjelang laga babak 16 besar EURO 2016 melawan Italia di Stadion Stade de France, Paris, Prancis, pada 27 Juni 2016.

Tim nasional Spanyol membuka lembaran baru secara cemerlang di bawah rezim Julen Lopetegui. Sepasang kemenangan atas Belgia (2-0) dan Liechtenstein (8-0) pada awal September mengindikasikan bahwa La Furia Roja telah melupakan kegagalan di Euro 2016.

Penulis: Indra Citra Sena

Di Piala Eropa 2016, kiprah Spanyol terhenti di babak 16 besar akibat menyerah dua gol tanpa balas dari Italia.

Hasil negatif ini terbilang aib bagi penyandang predikat juara bertahan sekaligus satu-satunya tim yang mampu menjuarai Euro dua edisi beruntun.

Kegagalan Spanyol memicu dinamika di sektor manajerial, di mana Vicente del Bosque memutuskan meletakkan jabatan yang sudah ia pegang sejak 2008.

Federasi Sepak bola Spanyol (RFEF) lantas menunjuk Julen Lopetegui sebagai pengganti per 21 Juli 2016.

Keraguan muncul di benak publik Negeri Matador. Bagaimana bisa RFEF memercayakan pelatih minim pengalaman seperti Lopetegui yang karier internasionalnya baru sebatas menangani tim-tim junior Spanyol, mulai dari U-17, U-19, U-20, dan U-21?

Namun, keraguan publik langsung lenyap kala Lopetegui membawa Spanyol memetik kemenangan beruntun.

Dia bak membangkitkan kembali superioritas David Silva dkk di atas lapangan yang sempat meredup selama dua tahun belakangan.

Media-media lokal lantas membandingkan start Lopetegui dengan pelatih-pelatih tersukses Spanyol sekaliber Jose Villalonga, Luis Aragones, dan Del Bosque.

Ketiganya adalah nakhoda La Furia Roja yang pernah mempersembahkan prestasi bergengsi di level internasional.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.704


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X