Tanda-tanda Menjanjikan Datang dari Pemain Muda Persiba

By Senin, 10 Oktober 2016 | 12:28 WIB
Pelatih Persiba, Jaino Matos memiliki kritikan kepada masyarakat sepak bola Indonesia yang kurang rasional dan realistis.
SUCI RAHAYU/JUARA.net
Pelatih Persiba, Jaino Matos memiliki kritikan kepada masyarakat sepak bola Indonesia yang kurang rasional dan realistis.

Kebijakan pelatih Persiba Balikpapan, Jaino Matos, mungkin terbilang kurang populer. Ia banyak memberi kesempatan bagi pemain muda. Cukup berisiko, tetapi bukan tanpa pertimbangan matang.

Penulis: Martinus Bangun/Suci Rahayu

Jaino mengklaim bahwa beberapa pilar tim Beruang Madu merupakan pemain berusia 23 tahun atau kurang. Beberapa di antaranya adalah I Gusti Rustiawan, Abdul Aziz, Heri Susanto, Kurniawan Ajie, dan Yoewanto Beny.

"Sebagian pemain kami masih muda, Mereka rutin tampil sebagai pemain inti. Ini saatnya pemain muda berkembang dan meraih jam terbang agar kepercayaan diri mereka bertumbuh," ujar Jaino.

Yang teranyar, Jaino juga merekrut dua jebolan timnas U-19 asuhan Eduard Tjong, yakni Asnawi Mangkualam Bahar (17 tahun) dan Hanif Sjahbandi (18 tahun).

Tak tanggung-tanggung, kedua pemain baru itu bahkan langsung mencicipi laga perdana kala bertandang ke markas tim raksasa, Persib, akhir pekan silam.

"Masa depan mereka sangat menjanjikan, baik sebagai individu dan juga secara permainan tim secara keseluruhan," ujar Jaino.

Strategi Alternatif

Meski begitu, bukannya tak ada resiko yang dihadapi. Faktor mental bertanding yang masih kerap labil dan minimnya pengalaman bisa berdampak negatif bagi penampilan pemain-pemain muda tersebut.

Beragam alternatif pun telah disiapkan pelatih berdarah Brasil tersebut. Salah satunya dengan menyisipkan beberapa pemain senior dalam kerangka tim utama.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X