Southgate: Rooney Tak Pantas Dicemooh!

By Beri Bagja - Minggu, 9 Oktober 2016 | 06:15 WIB
Manajer sementara timnas Inggris, Gareth Southgate, memperhatikan aksi kapten Wayne Rooney dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 lawan Malta di Wembley Stadium, 8 Oktober 2016.
IAN KINGTON/AFP
Manajer sementara timnas Inggris, Gareth Southgate, memperhatikan aksi kapten Wayne Rooney dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 lawan Malta di Wembley Stadium, 8 Oktober 2016.

Gareth Southgate menjalani debut sebagai manajer sementara timnas senior Inggris dengan penuh warna pada Sabtu (8/10/2016). Pria berusia 46 tahun itu membawa skuat Three Lions, julukan Inggris, memukul Malta 2-0 di Wembley, London.

Skor 2-0 cukup menempatkan Inggris di atap klasemen Grup F dengan koleksi 6 poin. Pada laga pertama mereka menang 1-0 di kandang Slovakia.

Dalam partai yang disebut terakhir, Inggris masih ditangani Sam Allardyce. Southgate pun mengikuti jejak sang pendahulunya itu untuk meneruskan raihan tripoin.

Hanya, tetap ada kritik dari publik Wembley mengingat Southgate cuma membawa Three Lions unggul dua gol atas tim berperingkat ke-176 dunia!

Sebagai komparasi, Malta babak belur dengan skor 1-5 kala menjamu rival regional Inggris, Skotlandia, pada matchday pertama.

Menyikapi kritik tersebut, Southgate memang tak mau muluk-muluk memasang target tinggi. Maklum, dirinya baru mendapat tugas menukangi Wayne Rooney cs sejak 12 hari lalu setelah timnas berpisah dengan Allardyce.

"Dalam sisi sepak bola, kami mengalami perkembangan. Para pemain akan merasakannya. Saya melihat banyak tim bekerja keras sepanjang pramusim untuk menerapkan ide-ide, sedangkan kami cuma empat hari," katanya di ESPN FC.

Hal positif yang diambil Southgate ialah melampaui tantangan pertama dengan kemenangan.

"Orang harus melihat situasi yang kami alami (setelah kepergian Allardyce). Jadi, saya harus realistis mengenai bagaimana penampilan yang diperlihatkan tim ini," kata mantan bek Middlesbrough tersebut.

Warna lain dalam debut Southgate kali ini adalah munculnya cemoohan buat Rooney yang bergema di Wembley.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X