Terima Kartu Hijau, Penyerang Italia Cetak Sejarah

By Septian Tambunan - Selasa, 11 Oktober 2016 | 16:34 WIB
Penyerang Vicenza, Cristian Galano, menjadi pesepak bola pertama sepanjang sejarah yang menerima kartu hijau.
TWITTER @LEGA_B
Penyerang Vicenza, Cristian Galano, menjadi pesepak bola pertama sepanjang sejarah yang menerima kartu hijau.

Penyerang Vicenza asal Italia, Cristian Galano, mencetak sejarah sebagai pesepak bola pertama yang menerima kartu hijau seusai melakoni laga Serie B (kasta kedua Liga Italia) kontra Virtus Entella di Stadion Comunale Chiavari, Sabtu (1/10/2016). 

Galano dipastikan mendapat kartu hijau pada Selasa (4/10/2016), setelah melakukan tindakan sportif saat sepakan kaki kiri dia dikira wasit Marco Mainardi mengenai pemain Virtus. Mainardi pun memberikan sepak pojok untuk Vicenza.

Uniknya, Galano mengakui bola tidak menyentuh pemain Virtus sehingga pertandingan dilanjutkan dengan tendangan ke gawang untuk Virtus.

Serie B sudah mengumumkan pada awal musim bahwa pemain yang menunjukkan sikap fair play akan diganjar kartu hijau sebagai bentuk penghargaan.

Pada akhir musim, pemain dengan koleksi kartu hijau terbanyak akan menerima hadiah.

Baca Juga:

Presiden Serie B, Andrea Abodi, juga telah mengatakan bahwa kartu tersebut cuma simbolis. Dia mengatakan hal itu bertujuan untuk mengembalikan citra Serie B ke arah positif setelah sempat tercoreng dengan skandal pengaturan skor.

"Kartu hijau adalah penghargaan simbolis. Ini merupakan sesuatu sangat sederhana, yang terpenting adalah mampu menunjukkan seorang profesional melakukan hal yang patut dicontoh," ujar Abodi.

Juru bicara Serie B menambahkan dengan menuturkan, "Olahraga ini terlalu sering terlibat dalam kontroversi yang mendorong orang-orang menjauh dari stadion. Kami berpikir sepak bola membutuhkan pesan positif."

Vicenza ikut gembira dengan kartu hijau yang diberikan kepada Galano. Melalui akun Twitter klub mereka berkicau, "Kartu hijau untuk Galano merupakan sebuah kehormatan."


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Serie B


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X