Mark Webber Pensiun pada Akhir Musim 2016

By Diya Farida Purnawangsuni - Jumat, 14 Oktober 2016 | 15:16 WIB
Mantan pebalap Formula One (F1) dari Australia, Mark Webber (kiri), mewancarai pebalap F1 yang membela tim Ferrari, Sebastian Vettel, di atas podium setelah balapan GP Australia di Melbourne, Australia, 20 Maret 2016.
SAEED KHAN/AFP PHOTO
Mantan pebalap Formula One (F1) dari Australia, Mark Webber (kiri), mewancarai pebalap F1 yang membela tim Ferrari, Sebastian Vettel, di atas podium setelah balapan GP Australia di Melbourne, Australia, 20 Maret 2016.

Pebalap asal Australia, Mark Webber, akan pensiun dari dunia balap pada akhir musim 2016. Konfirmasi tersebut disampaikan Webber jelang seri ketujuh World Endurance Championships 2016 di Sirkuit Fuji Speedways, 14-16 Oktober.

Webber selama ini lebih dikenal publik sebagai pebalap F1. Setelah pensiun dari F1 pada 2013, dia beralih ke balapan ketahanan, bergabung dengan tim Porsche.

"Merupakan perubahan besar dari F1 ke WEC dan semuanya adalah pengalaman baru. Namun, sekarang merupakan waktu yang tepat buat saya (untuk pensiun)," tutur Webber yang dilansir Crash, Jumat (14/10/2016).

Salah satu perubahan besar yang harus dihadapi Webber adalah dari membalap sendiri dengan satu mobil ketika di F1, kini harus berbagi mobil dengan rekan satu timnya.

"Ternyata, saya senang berbagi mobil, dan chemistry antara Timo (Bernhard), Brendon (Hartley), dan saya adalah hal spesial sekaligus sesuatu yang akan selalu saya ingat," ujar Webber.

Webber memulai debut karier balap F1 bersama tim Minardi pada 2002. Setelah itu, dia melanjutkan karier balap ke tim yang lebih mapan yakni Jaguar dan Williams.

Karier pebalap yang kini berusia 40 tahun tersebut semakin melejit ketika dia bergabung dengan Red Bull Racing (2007-2013).

Di tim berlogo dua banteng merah saling beradu itu, Webber berhasil menempati peringkat ketiga klasemen akhir pebalap pada musim 2010, 2011, dan 2013.


Pebalap mobil dari Australia, Mark Webber, mengendarai Porsche 919 Hybrid N°1 saat mengikuti balapan ketahanan alias endurance race 84th Le Mans 24-hours di Le Mans, Prancis, 18 Juni 2016 .(JEAN-FRANCOIS MONIER/AFP PHOTO)

Webber kemudian meneruskan karier balap ke ajang WEC bersama tim Porsche pada 2014. Pada ajang balap ketahanan ini, dia sukses meraih gelar pada tahun lalu, bersama Hartley dan Bernhard.


Editor : Pipit Puspita Rini
Sumber : Crash


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X