Kisah Ajaib Leipzig Berlanjut

By Rabu, 19 Oktober 2016 | 10:17 WIB
Grafis komparasi start Leipzig di Bundesliga 2016-2017.
DOK. BOLA
Grafis komparasi start Leipzig di Bundesliga 2016-2017.

Kejutan demi kejutan tercipta dari pengalaman perdana RB Leipzig menjajal Bundesliga. Jam terbang minim di kasta tertinggi Jerman plus materi pemain muda rupanya tak membuat klub berlambang dua banteng merah itu keteteran mengarungi kompetisi.

Penulis: Indra Citra Sena

Sederet tim kuat tradisional menelan hasil mengecewakan sewaktu bersua Leipzig, mulai dari Borussia Dortmund (kalah 0-1), Hamburg (0-4), Borussia Moenchengladbach (seri 1-1), hingga yang terbaru, Wolfsburg (0-1).

Sejauh ini, Leipzig sudah mengoleksi 15 poin berkat empat kali menang plus tiga imbang. Perolehan tersebut menempatkan mereka duduk nyaman di peringkat ketiga alias zona Liga Champions.

Leipzig termasuk satu dari empat kontestan Bundesliga 2016-2017 yang belum tersentuh kekalahan selain Bayern Muenchen, FC Koeln, dan Hoffenheim. Tren positif ini lantas berujung rekor baru dalam lembaran sejarah sepak bola Jerman.

Baca Juga:

Situs resmi Bundeliga menyebutkan Leipzig sebagai satu-satunya debutan yang sukses mempertahankan status tak terkalahkan sampai pekan ke-7. Empunya Stadion Red Bull Arena ini tak ketinggalan membawa kebanggaan terhadap daerah asal, yakni Sachsen.

Sepanjang sejarah, region eks Jerman Timur itu hanya pernah mengirimkan tiga wakil ke Bundesliga. Selain RB Leipzig, ada juga Dynamo Dresden dan VFB Leipzig yang sempat mencicipi kasta tertinggi pada masa lalu.

Dibandingkan dua tetangganya, debut Leipzig jauh lebih baik sehingga berpeluang menjadi wakil Sachsen paling sukses di Bundesliga. Perinciannya adalah Dresden (2 menang, 1 seri, 4 kalah) dan VFB Leipzig (1 menang, 4 seri, 2 kalah).


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X