Kapten Dua Kepentingan

By Kamis, 20 Oktober 2016 | 11:20 WIB
Gelandang Liverpool, Jordan Henderson (tengah), melakukan pemanasan jelang melawan Manchester United di Stadion Anfield, Senin (17/10/2016).
Paul ELLIS / AFP
Gelandang Liverpool, Jordan Henderson (tengah), melakukan pemanasan jelang melawan Manchester United di Stadion Anfield, Senin (17/10/2016).

Menjadi kapten dalam pertandingan bergengsi melawan tim sekelas Manchester United diakui Jordan Henderson membuatnya sedikit rikuh dan berdebar. Beruntung, pengalaman pekan sebelumnya menjadi kapten timnas Inggris juga diakui membantunya untuk bertindak.

Penulis: Dedi Rinaldi

Rabu (12/10) pekan lalu memang merupakan momen yang manis sekaligus mendebarkan bagi Henderson. Saat itu, untuk pertama kalinya gelandang Liverpool ini menjadi kapten timnas Inggris.

Kala itu Inggris bertemu Slovenia pada pertandingan kualifi kasi menuju Piala Dunia 2018. Pelatih caretaker timnas Inggris, Gareth Southgate, membuat sebuah keputusan penting dengan mencadangkan Wayne Rooney, yang menjabat kapten sebelumnya.

Dengan penampilan Rooney yang terus menurun, bukan tidak mungkin Henderson akan menjadi kapten permanen Inggris selanjutnya.

Kemudian, hanya dalam sepekan jantung Henderson berdebar lagi karena turun dengan ban kapten pada laga melawan United, sekaligus bertemu kapten yang telah digantikannya di timnas, yaitu Rooney.

“Kenyataan yang membanggakan bagi saya. Pasalnya, tak banyak yang memperkirakan jika saya bakal menjadi kapten tim sebesar Liverpool sekaligus timnas Inggris,” kata gelandang berusia 26 tahun ini.

Fakta ini sekaligus menambah panjang daftar kapten Liverpool yang juga menjabat status kapten di timnas Inggris. 

KEVIN KEEGAN 


Kevin Keegan dalam laga final FA Cup di Wembley Stadium, London, Inggris. (ALLSPORT UK BY GETTY IMAGES)

Keegan merupakan salah satu bintang besar Inggris yang pernah dilahirkan Liverpool dan berjasa membawa The Reds berjaya pada era 1970-an. Keegan pertama kali ditunjuk sebagai kapten Liverpool pada 1976. Keegan menjabat kapten timnas Inggris sebanyak tiga kali sebelum akhirnya ia hengkang dari Liverpool ke klub Jerman, Hamburg SV.

STEVEN GERRARD


Aksi Steven Gerrard dalam pertandingan Liverpool FC Legends melawan Australian Legends di ANZ Stadium, Sydney, Australia, 07 Januari 2016. (ZAK KACZMAREK/GETTY IMAGES )

Tidak hanya disebut-sebut sebagai pemain terbaik Liverpool, melainkan pula sebagai salah satu kapten yang menjadi anutan pemain di Anfi eld. Setelah ditunjuk untuk menggantikan Sami Hyypia pada musim 2003, setahun kemudian Gerrard juga ditunjuk menjadi kapten Inggris oleh pelatih Sven-Goran Eriksson.

Gerrard menjabat kapten hingga 2012. Secara total Gerrard menjabat kapten Inggris sebanyak 40 kali, masih di bawah koleksi David Beckham (59), Bryan Robson (65), Bobby Moore (90), dan Billy Wright (90).


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Tabloid BOLA No.2.708


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X