Kilas Balik: Piala AFF 1996, Gajah Meraja di Era Keemasan

By Minggu, 23 Oktober 2016 | 10:40 WIB
Trofi Piala AFF dalam acara pengundian fase grup Piala AFF 2016 di Myanmar pada 2 Agustus 2916.
DOK AFFSUZUKICUP.COM
Trofi Piala AFF dalam acara pengundian fase grup Piala AFF 2016 di Myanmar pada 2 Agustus 2916.

Dibentuk pada 1982, Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) merupakan federasi regional tertua di bawah naungan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Penulis: Andrew Sihombing

Dua tahun berselang, selepas pertemuan resmi pertama di Jakarta yang diikuti Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina, Kejuaraan Klub ASEAN pun digelar untuk menentukan wakil Asia Tenggara ke Kejuaraan Klub Asia.

Adapun turnamen antarnegara baru digelar pertama kali pada 1996. Piala Tiger, begitu nama turnamen yang kini dikenal dengan Piala AFF tersebut, dinamai.

Sekjen AFC kala itu, Peter Velappan, menyebut Piala Tiger bisa lebih membantu perkembangan sepak bola di negara-negara Asia Tenggara.

Setidaknya demikian yang ditulis Ben Weinberg dalam buku "Asia and the Future of Football: The Role of the Asian Footbal Confederation (2015)".


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X