PSG Berambisi Jadi Merek Terbesar Dunia

By Rabu, 26 Oktober 2016 | 15:29 WIB
Frederic Longuepee ketika berdiskusi dengan peserta PSG Media Tour di lounge roof top Stadion Parc des Princes, Jumat (21/10).
ANGGUN PRATAMA/BOLA
Frederic Longuepee ketika berdiskusi dengan peserta PSG Media Tour di lounge roof top Stadion Parc des Princes, Jumat (21/10).

Tahun 2011 menjadi salah satu momen besar dalam sejarah Paris Saint-Germain. Saat itu, Qatar Sports Investments (QSI) datang dan menjadi pemilik mayoritas saham klub. Berselang lima tahun, QSI mengubah wajah PSG.

Laporan Anggun Pratama dari Paris, Prancis

Keberadaan QSI mengubah citra PSG ke arah positif, baik dari sisi bisnis dan juga prestasi. Dalam lima tahun itu, PSG meraih 21 gelar dari seluruh cabang olahraga yang berada di bawah panji klub (Bola tangan, sepak bola wanita, dan sepak bola pria).

Di bagian tim senior pria, dalam dua musim terakhir mereka selalu meraih empat gelar per musim. Belum menyebut konsistensi menembus babak perempat fi nal Liga Champion.

“Konsistensi” di ajang Liga Champion tersebut yang membuat PSG kini sangat penasaran buat memenangi kompetisi tersebut.

“Tidak mudah buat memenangi Liga Champion, tetapi itulah target terpenting kami dalam waktu dekat,” tutur Direktur PSG, Patrick Kluivert, di sela-sela acara PSG Media Tour yang dihadiri BOLA di Paris, Prancis.

“Kita bisa lihat banyak perubahaan besar dalam lima tahun QSI di PSG. Saya bangga bisa menjadi bagian dalam perubahan itu,” ujar Kluivert lagi.

Efek dari performa di atas juga membuat PSG meraih perkembangan positif dari sisi finansial.

Dalam rilis yang dikeluarkan oleh PSG, total pendapatan klub naik lima kali lipat dari 2011, dan nilai dari merek PSG melonjak dari 68 juta dolar ke angka 541 juta dolar.

Angka itu hasil dari perkiraan perusahan Brand Finance, sementara dari KPMG, nilai klub saat ini mencapai 640 juta euro.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No.2.710


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X