ItalMilan, Berkah Krisis Finansial

By Kamis, 27 Oktober 2016 | 12:17 WIB
Para pemain AC Milan merayakan kemenangan pada akhir laga Serie A melawan Juventus di Stadio Giuseppe Meazza, Milan, Italia, 22 Oktober 2016.
MARCO LUZZANI/GETTY IMAGES
Para pemain AC Milan merayakan kemenangan pada akhir laga Serie A melawan Juventus di Stadio Giuseppe Meazza, Milan, Italia, 22 Oktober 2016.

AC Milan sedang bikin sensasi di Serie A. I Rossoneri merupakan satu-satunya klub top Negeri Piza yang mengedepankan pemakaian pemainpemain lokal Italia.

Penulis: Dwi Widijatmiko

ItalMilan, begitu nama proyek ini. Sejak musim lalu, menjelang perayaan 30 tahun dirinya membeli Milan, Presiden Silvio Berlusconi sudah mencanangkan ingin membuat sebuah tim yang full Italiano.

"Kami sedang memulai sebuah siklus kemenangan baru dengan tim yang berisi pemain-pemain Italia. Saya kecewa melihat klub-klub besar Italia tidak memainkan pemain lokal. Saya ingin melihat sebuah tim Milan yang all-Italian. Kami sudah punya pertahanan dan lini tengah Italia, yang kurang tinggal penyerangnya," kata Berlusconi di Mediaset.

Tapi, Berlusconi adalah Berlusconi. Ucapannya penuh lika-liku, sulit dimengerti mana yang benar dan mana yang bersayap.

Ada yang menilai bahwa ItalMilan hanya kamufl ase dari kepengurusan Berlusconi menyikapi krisis finansial yang sedang dialami klub.

Faktanya, dalam beberapa musim terakhir, Milan semakin sulit mendatangkan pemain top berharga mahal. Padahal, transfer mahal adalah kebiasaan Berlusconi sejak ia datang tahun 1986.

Strategi low cost pun digelar. Dari pencari pemain bebas transfer atau sekadar meminjam. Tapi, strategi ini tidak selalu berhasil.

Terkadang Milan memang sukses merekrut pemain murah yang tampil bagus, tapi tak jarang pula rekrutan berharga miring itu flop.

Ide ItalMilan pun mengemuka. Ini juga strategi low cost. Pemain lokal Italia berharga relatif lebih murah daripada pemain asing. Apalagi kalau pemain lokalnya berasal dari akademi sendiri. Mereka gratis.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No.2.710


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X