Siapa Lulusan Terbaik Akademi Juventus Sepanjang Sejarah?

By Senin, 31 Oktober 2016 | 14:02 WIB
Pemain Juventus, Giampiero Boniperti.
DOK TWITTER @CLASSIC1904
Pemain Juventus, Giampiero Boniperti.

Saat ini, alumnus akademi Juventus yang menjadi andalan di tim utama memang langka. Di dalam skuat dominator Serie A sejak 2011-2012, paling hanya Claudio Marchisio yang menjadi pilar penting.

Penulis: Dwi Widijatmiko

Namun, pada masa lalu, akademi Juventus menyumbang banyak pemain yang kemudian menjadi bintang-bintang di tim utama La Vecchia Signora. Siapa yang terbaik di antara mereka?

Dari Giampiero Combi, kiper yang membawa Juventus mendominasi Serie A pada awal era 1930-an; Pietro Rava, bek kiri yang prestasi terbaiknya justru mengantar tim nasional Italia meraih medali emas Olimpiade 1936 dan Piala Dunia 1938; sampai Paolo Rossi, yang dalam waktu singkatnya memperkuat tim utama Juventus mampu memberikan trofi Piala Winner 1984 dan Piala Champion 1985.

Ada pula tiga pemain depan yang lebih banyak mendapatkan sorotan sekaligus bisa dibilang lebih menentukan terhadap kesuksesan I Bianconeri pada masa lalu.

Tiga pemain tersebut adalah Giampiero Boniperti, Roberto Bettega, dan Alessandro Del Piero.

Baca Juga:

Boniperti meraih lima scudetto dan dua Coppa Italia pada era 1950-an. Bettega membawa Juve mendapatkan tujuh scudetto dalam satu dekade antara 1971-1982, juga dua trofi Coppa Italia dan Piala UEFA 1977.

Del Piero paling mentereng soal koleksi trofi. Dia mengoleksi enam scudetto, satu Coppa Italia, empat Supercoppa Italiana, satu Liga Champions, satu Piala Super Eropa, dan satu Piala Interkontinental.

Del Piero juga merupakan pemegang rekor penampilan dan gol terbanyak Juventus. Keduanya dia dapatkan dengan mematahkan rekor milik Boniperti.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X