Kilas Balik: Skema 4-4-2 Berujung Rekor di Piala AFF 2002

By Rabu, 2 November 2016 | 11:18 WIB
Selebrasi striker tim nasional Indonesia, Bambang Pamungkas (20), dalam pertandingan PIala AFF 2002.
DOK BOLA
Selebrasi striker tim nasional Indonesia, Bambang Pamungkas (20), dalam pertandingan PIala AFF 2002.

Monoton, kurang gairah, dan minim keberanian menjadi penilaian masyarakat Indonesia kepada timnas saat mengawali Piala Tiger (kini Piala AFF) 2002.

Penulis: Kukuh Wahyudi

Berlaga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta (15/12/2002), kala itu Bambang Pamungkas dkk hanya bermain imbang 0-0 dengan Myanmar.

Pelatih timnas, Ivan Kolev, beralasan bahwa anak didiknya masih kurang beradaptasi dengan formasi baru.

“Tim ini masih dalam proses pematangan formasi 4-4-2. Jadi, wajar tak bisa maksimal," ujar pelatih asal Bulgaria itu di Tabloid BOLA edisi 17 Desember 2002.

"Saya juga kecewa, terutama putusnya alur serangan dari tengah ke depan. Para penyerang kurang berani menusuk dan membuka peluang," tuturnya.

Sebelumnya, Indonesia memang lebih bersahabat dengan pola 3-5-2. Kehadiran Kolev di timnas bisa dibilang menjadi pintu masuk skema 4-4-2 di Tanah Air.

Baca Juga:

Memasuki laga kedua dan ketiga, Gendut Doni cs masih mendapatkan cemoohan meski telah menang atas Kamboja 4-2 dan imbang dengan Vietnam 0-0.

Saat itu, nasib timnas rawan tak menembus babak lanjutan, yaitu semifinal. Syarat untuk melaju ke semifinal pun tidak mudah. Tim Merah Putih harus menang dengan selisih delapan gol.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X