Joe Allen Bukan Lagi Xavi Hernandez

By Anggun Pratama - Rabu, 2 November 2016 | 11:59 WIB
Selebrasi Joe Allen setelah menyumbang gol untuk Stoke City di partai melawan Manchester United di Old Trafford pada 2 Oktober 2016.
RICHARD HEATHCOTE/GETTY IMAGES
Selebrasi Joe Allen setelah menyumbang gol untuk Stoke City di partai melawan Manchester United di Old Trafford pada 2 Oktober 2016.

Gelandang Stoke City, Joe Allen, dikenal sebagai Xavi Hernandez versi Wales. Kemampuan Allen buat mengendalikan laga di sentral lapangan menjadi kekuatan utamanya.

Bila diistilahkan, Allen merupakan pemain nomor 6, nomor punggung klasik bagi gelandang sentral yang memiliki peran sebagai metronom tim.

Peran itu ia jalani sejak masih di Swansea City (2007-2012), Wrexham (2008; pinjaman), dan Liverpool (2012-2016), plus di timnas Wales.

Akan tetapi, Allen kini memiliki peran baru di Stoke City. Pelatih Mark Hughes melihat kemampuan Allen akan lebih terlihat bila ia beroperasi lebih di depan.

Dalam sistem 4-2-3-1, Hughes meletakkan Allen sebagai pemain nomor 10 alias sebagai gelandang serang sentral. Dari 10 laga yang sudah dijalani Allen di Premier League musim ini, tujuh kali dirinya menjadi gelandang serang.

Di periode enam laga pertama, Allen cuma tiga kali dicoba sebagai pemain nomor 10. Mark Hughes masih memakainya sebagai "Xavi". Tetapi, sejak melawan West Brom pada 24 September, Hughes selalu menggunakan Allen sebagai gelandang serang.

Sejak laga itu, Stoke bisa menahan imbang West Brom dan Manchester United 1-1, serta menang atas Sunderland (2-0), Hull City (2-0), dan yang terbaru Swansea (3-1).

Dalam posisi anyarnya itu, Allen mengumpulkan empat gol dan dua assist!

Pelatih timnas Wales, Chris Coleman, pun tertarik menggunakan jasa Allen seperti di Stoke. Wales akan menghadapi Serbia pada 12 November mendatang di Cardiff dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup D.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Whoscored, FIFA, Football Lineups


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X