Bintang Basket NBA Ray Allen Pensiun

By Pipit Puspita Rini - Rabu, 2 November 2016 | 14:05 WIB
Pebasket asal Amerika Serikat, Ray Allen, berbicara dalam sebuah acara yang diprakarsai ESPN di Times Center Stage, 29 September 2015.
LAURA CAVANOUGH/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP PHOTO
Pebasket asal Amerika Serikat, Ray Allen, berbicara dalam sebuah acara yang diprakarsai ESPN di Times Center Stage, 29 September 2015.

Setelah 18 tahun berkarier di National Basketball Association (NBA), Ray Allen, menyatakan pensiun. Allen mengumumkan keputusan tersebut lewat surat yang dimuat di The Players' Tribune, 1 November 2016.

Surat tersebut ditujukan untuk versi muda dirinya sendiri yakni Allen yang berusia 13 tahun. Dalam tulisan bertajuk Letter to My Younger Self tersebut, Allen bercerita tentang masa mudanya hingga menjalani karier sebagai pemain NBA.

"Saya menulis surat ini sebagai pria berusia 41 tahun yang pensiun dari pertandingan (NBA). Saya menulis ini kepadamu sebagai pria yang sepenuhnya merasa damai dengan dirinya sendri," demikian sebagian tulisan Allen.

Allen 10 kali terpilih bermain di All-Star Game. Dia juga masih menjadi pemain dengan jumlah tembakan tiga angka terbanyak sepanjang sejarah NBA yaitu 2.973 kali dari 7.429 percobaan, atau dengan rata-rata 40 persen.

Selama 18 tahun berkarier di NBA, Allen sudah meraih dua gelar juara, bersama Boston Celtics pada 2008 lalu Miami Heat pada 2013.

Dalam suratnya, Allen menyebut kebanggaannya bisa meraih gelar tersebut bersama para bintang NBA lainnya, di antaranya Kevin Garnett, Paul Pierce, LeBron James, dan Dwyane Wade.

"Suatu pagi tanggal 21 Juni 2013. Kamu berusia 38 tahun dan baru beberapa jam yang lalu kamu memenangi gim ke-7 NBA Finals bersama Miami Heat. Kamu menjadi juara NBA untuk kali kedua," tulis Allen dalam suratnya.

Pada NBA Finals 2013, Heat mengalahkan San Antonio Spurs dengan 4-3. Pada gim ketujuh atau penentuan, Heat menang 95-88 atas Spurs.

Setelah memperkuat Miami hingga akhir musim 2013-2014, Allen tidak lagi bermain di NBA. Namun selalu ada kemungkinan dia akan kembali.

Beberapa tim masih menunjukkan ketertarikan untuk membawa Allen kembali. Namun, pengumuman lewat surat tersebut memupus semua harapan untuk melihat Allen kembali beraksi di NBA.


Editor : Pipit Puspita Rini
Sumber : Theguardian.com, sports.yahoo.com, nba.com, theplayerstribune.com, jsonline.com, boston.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X