Kilas Balik Piala AFF 2004, Tim Tersubur Tanpa Gelar Juara

By Sabtu, 5 November 2016 | 23:34 WIB
Para pemain tim nasional Indonesia di Piala AFF 2004.
DOK BOLA
Para pemain tim nasional Indonesia di Piala AFF 2004.

Ironis. Kata ini tepat untuk menggambarkan kegagalan Indonesia menjuarai Piala AFF 2004 (edisi terakhir menyandang nama Piala Tiger).

Penulis: Indra Citra Sena

Laskar Merah-Putih tampil memukau hampir sepanjang turnamen, tapi malah berakhir antiklimaks di partai penentuan.

Bayangkan saja, Indonesia menggelontorkan 24 gol dalam delapan pertandingan Piala AFF 2004 (ratarata tiga gol per laga). Terdapat delapan pemain yang masuk daftar pencetak gol turnamen waktu itu.

Ilham Jaya Kesuma menutup Piala AFF 2004 dengan meraih penghargaan Sepatu Emas berkat torehan tujuh gol.

Baca Juga:

Selain Ilham, ada juga tujuh nama lain, yaitu Kurniawan Dwi Yulianto (5), Boaz Solossa (4), Elie Aiboy (4), Charis Yulianto (1), Mahyadi Panggabean (1), Mauli Lessy (1), dan Ortizan Solossa (1).

Indonesia sudah ngebut sejak fase grup. Tiga kemenangan telak diraih atas Laos, Vietnam, dan Kamboja, sedangkan satu partai lain versus Singapura berujung sama kuat tanpa gol.

Di semifinal yang mulai menggunakan sistem kandang-tandang, Indonesia menyingkirkan Malaysia dengan agregat 5-2. Dominasi tersebut baru terhenti di final akibat kalah dari Singapura, baik kandang (1-3) maupun tandang (1-2).

“Bohong bila saya bilang tak kecewa. Kami sangat ingin menang dan juara, tapi itulah sepak bola. Selalu saja ada kesedihan dan kebahagiaan,” kata pelatih Peter Withe seperti dimuat di Tabloid BOLA edisi 21 Januari 2005.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X