Arsenal-Tottenham, Tabu Pindah Kubu

By Anggun Pratama - Minggu, 6 November 2016 | 18:16 WIB
Sol Campbell
IAN KINGTON/AFP
Sol Campbell

Arsenal dan Tottenham merupakan dua tim rival bebuyutan. Tak mengherankan bila tak banyak pemain yang punya sejarah memperkuat kedua tim tersebut sekaligus.

Di sepanjang sejarah, hanya ada 10 transfer langsung yang terjadi di antara kedua kubu. Masing-masing lima pemain yang bergerak dari Arsenal ke Spurs, dan sebaliknya.

Di era modern, cuma Sol Campbell dan William Gallas transfer besar yang melibatkan langsung kedua tim.

Gallas datang ke Tottenham dari Arsenal di usia 33 tahun pada 2010. Sang bek tengah datang dengan status bebas transfer. Gallas sebenarnya pernah juga memperkuat Chelsea sebelum ke Arsenal. Akan tetapi, kepindahan ke Spurs memiliki level yang berbeda.

"Di laga pertama saya setelah kepindahan itu, saya mendapat siulan sangat keras. Saya sudah mengantisipasinya. Kondisi itu tak terlihat ketika laga pertama saya kontra Chelsea. Level kebencian pendukung Arsenal dan Tottenham ada di tingkat berbeda. Di lapangan, Anda bisa merasakan kebencian fan. Aura mereka sangat berbeda," kata Gallas.

Walau begitu, tingginya kebencian kedua tim sepertinya berada puncak ketika Sol Campbell pindah ke Arsenal pada 2001 juga dengan status tanpa biaya. Campbell pindah di usia 26 tahun .

Ia berada pada usia menjelang matang. Tak heran bila akhirnya Campbell menjadi bagian dalam skuat Arsenal The Invincibles ketika menjuarai Premier League 2003-2004 tanpa sekalipun menderita kekalahan. Kekukuhan Campbell di jantung pertahanan membuat Arsenal sulit ditaklukkan.

"Ketika saya masih bermain, derbi tampak mencapai level berbeda ketika Campbell datang. Kapten Tottenham bergabung dengan rival bebutuyan mereka," kata Martin Keown, bek legendaris Arsenal.

"Anda bisa melihat kebencian dan kemarahan dari para penonton. Sebagai pemain, rasanya seperti akan pergi perang. Anda harus menerima atmosfer itu. Tak ada jalan buat mundur," ucap Keown lagi.

Secara total, ada 15 pemain yang pernah memperkuat kedua tim. Sebanyak lima pemain memperkuat tim lain terlebih dulu sebelum datang ke Arsenal atau Tottenham.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Transfermarkt, Squawka, Goal


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X