5 Hal Menarik mengenai Ilkay Guendogan

By Kamis, 10 November 2016 | 14:04 WIB
Aksi selebrasi gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan, usai mencetak gol saat melawan Barcelona dalam laga Grup C Liga Champions 2016-2017 di Stadion Etihad, Manchester, pada 1 November 2016.
LAURENCE GRIFFITHS/GETTY IMAGES
Aksi selebrasi gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan, usai mencetak gol saat melawan Barcelona dalam laga Grup C Liga Champions 2016-2017 di Stadion Etihad, Manchester, pada 1 November 2016.

Nama Ilkay Guendogan belakangan rutin terdengar. Performanya yang melesat bersama Manchester City musim ini menjadi alasan.

Penulis: Anggun Pratama

Berikut ini adalah lima fakta menarik mengenai gelandang asal Jerman, berusia 26 tahun itu.

1. Dirinya menjadi favorit para penggemar Dortmund.

Meski begitu, Guendogan lahir dan besar di Gelsenkirchen. Kota tersebut merupakan kota tetangga Dortmund, tempat rival besar BVB, Schalke 04.

2. Sempat menjadi anggota akademi Schalke pada usia 9 tahun, kariernya sebagai pesepak bola profesional mulai terlihat ketika bergabung dengan VFL Bochum pada 2005. "Bersama Bochum, saya mulai berlatih bersama tim senior. Saat itu saya mulai yakin ingin menjadi pemain pro," ujarnya.

Setelah itu ia pindah ke Nuernberg pada Januari 2009, dan menjalani debut Bundesliga pada Agustus di tahun yang sama. Sebenarnya ia punya kesempatan kembali ke Schalke di usia 13 tahun. Tetapi, karena Schalke melepasnya ketika mengalami cedera, Guendogan tak ingin mengalami kekecewaan kedua.

"Betul, saya sempat ditawari kembali ke Schalke, tetapi saya tak berani. Saya takut akan dikecewakan lagi. Beruntung, dua tahun kemudian saya mendapat kesempatan memperkuat Bochum," ucapnya.

3. Datang ke Dortmund pada musim panas 2011, Guendogan harus mengisi "sepatu" Nuri Sahin di tim sebagai gelandang sentral. Guendogan sempat kesulitan sampai kehilangan tempat sebagai pilihan utama.

"Klopp membuat keputusan tepat dengan mencadangkan saya. Pencadangan itu membuat saya bisa mendapatkan perspektif berbeda," katanya. Setelah itu, karier Guendogan melesat.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.714


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X