Setahun di Inggris, Klopp Sudah Banyak Belajar

By Sabtu, 12 November 2016 | 12:32 WIB
Manajer Liverpool FC, Juergen Klopp, mendampingi anak asuhnya dalam pertandingan Premier League kontra Watford di Anfield, Liverpool, Inggris, 6 November 2016.
PAUL ELLIS/AFP
Manajer Liverpool FC, Juergen Klopp, mendampingi anak asuhnya dalam pertandingan Premier League kontra Watford di Anfield, Liverpool, Inggris, 6 November 2016.

Sudah setahun lebih Juergen Klopp menjadi Manajer Liverpool. Sudah banyak pula pengalaman yang ia dapatkan selama berada di Inggris.

Penulis: Anggun Pratama

Salah satu pengalaman terbesar adalah ketika ia sadar masa festive season bakal sangat berat. Tak lama lagi hari raya Natal dan perayaan tahun baru datang.

Bagi kebanyakan orang, periode itu merupakan periode liburan yang menyenangkan. Akan tetapi, kondisi itu tak berlaku buat pesepak bola di Britania Raya yang justru harus menjalani periode neraka.

Bila apes, dalam 10 hari, sebuah klub bisa tampil dalam 4 laga! Musim lalu, Liverpool bermain tiga kali di sepanjang periode itu. Hasilnya adalah dua kemenangan dan sekali kalah.

Klopp mengaku dirinya tak tahu intensitas laga bakal tetap tinggi di tengah kepadatan jadwal tersebut.

"Ketika saya datang, pemain punya jadwal beberapa hari buat buat berlibur. Saya pun mengubahnya. Kala itu saya berkata, 'bagaimana bisa mereka punya tiga atau empat hari berlibur?' Keputusan itu konyol hanya karena saya tidak terbiasa dengan periode festive tersebut," ujar Klopp kepada Liverpool Echo.


Manajer Liverpool FC, Juergen Klopp, memegang trofi Manager of the Month di Melwood Training Ground, Liverpool, Inggris, 13 Oktober 2016.(JAN KRUGER/GETTY IMAGES)

"Sekarang kami sudah menjadi pelatih Liga Inggris yang layak, tahu jadwal padat itu dan intensitas yang meningkat dalam beberapa bulan mendatang. Jadi, setiap adanya kemungkinan buat sedikit jeda, Anda harus memakainya. Sekarang itulah yang harus kami lakukan," kata Klopp lagi.

Pelatih asal Jerman itu juga menyebut para pemain yang berlibur tetap punya program latihan agar tetap fit. Jadi, ketika Dejan Lovren cs. kembali pada Senin mendatang, Klopp bisa langsung memberikan program dengan intensitas tinggi.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X