Sriwijaya FC Punya Target 60 Persen Putra Daerah dan Pemain Akademi

By Rabu, 16 November 2016 | 04:08 WIB
Para pemain Sriwijaya FC berlatih di Stadion Jakabaring, Palembang, Jumat (21/10/2016) sore.
NOVERTA SALYADI/JUARA.net
Para pemain Sriwijaya FC berlatih di Stadion Jakabaring, Palembang, Jumat (21/10/2016) sore.

Sejak berdiri pada 2004 sebagai hasil akuisisi Persijatim Solo FC, Sriwijaya FC menjadi kebanggaan provinsi Sumatra Selatan berkat sederet prestasi.

Penulis: Andrew Sihombing/Suci Rahayu

Laskar Wong Kito setidaknya telah meraih dua gelar juara kompetisi level teratas Indonesia (Divisi Utama 2007 dan LSI 2011-12) plus tiga mahkota Piala Indonesia (2008, 2009, 2010).

Status sebagai tim besar terjaga di TSC. Sriwijaya masih merupakan penantang di jalur juara saat turnamen memasuki fase akhir seperti sekarang.

Yang lebih menggairahkan adalah komitmen Sriwijaya pada pemain muda. Menurut pelatih Widodo C Putro, kepercayaan kepada pemain muda merupakan bentuk tanggung jawab moral.

"Sepak bola terus berjalan, sementara pemain pasti tidak akan terus bertahan karena termakan usia. Jadi, regenerasi pemain sangat penting," kata Widodo.

Selain kualitas sang pemain muda yang memang bagus, keyakinan Widodo terbantu oleh sederet pemain senior. Kematangan Alberto Goncalves, Firman Utama, Ahmad Jufrianto, Supardi Nasir, hingga Hilton Moreira mempermudah kerja sang pelatih.

"Bermain untuk tim senior Sriwijaya tidak mudah. Artinya, kualitas pemain muda di tim saat ini sudah bagus. Bila targetnya adalah jangka panjang, klub lebih bebas memainkan pemain muda dan memberi mereka kesempatan berkembang," ujar mantan andalan lini depan timnas tersebut.

50-60 Persen

Kendati demikian, tetap ada hal yang dirasa mengganggu. Publik Sumatra Selatan rupanya tidak puas dengan minimnya jumlah pemain asli daerah di dalam tim.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X