Catat 167 Penampilan di Timnas, Buffon Samai Rekor Casillas

By Beri Bagja - Rabu, 16 November 2016 | 09:52 WIB
Aksi Gianluigi Buffon kala membela timnas Italia menghadapi Jerman dalam laga uji coba di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, 15 November 2016.
CLAUDIO VILLA/GETTY IMAGES
Aksi Gianluigi Buffon kala membela timnas Italia menghadapi Jerman dalam laga uji coba di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, 15 November 2016.

Kiper veteran Italia, Gianluigi Buffon (38), menjalani 46 menit bersejarah dalam laga uji coba kontra Jerman di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, Selasa (15/11/2016).

Cukup tampil satu babak, Buffon telah resmi mengoleksi 167 penampilan bagi timnas Italia.

Jumlah tersebut sudah membuat sang kiper menyamai rekor Iker Casillas (Spanyol) sebagai kolektor cap terbanyak bagi tim nasional di Benua Eropa.

Semakin spesial bagi Buffon karena rekor ini disertai catatan clean-sheet alias gawang steril. Italia dan Jerman menuntaskan laga dengan skor 0-0.

Meninjau prospek memperoleh cap tambahan, Buffon tampak mengungguli Casillas (35). Kapten Juventus dan Italia itu tak tergoyahkan sebagai pilihan utama di bawah mistar Gli Azzurri (Si Biru).

Di lain pihak, Casillas harus bersaing ketat menggusur David de Gea (26), yang punya garansi meyakinkan sebagai kiper utama Spanyol saat ini.

Casillas sudah tak mencicipi partai dengan timnas sejak tampil menghadapi Korea selatan dalam duel uji coba (1/6/2016).

19 - Usia Gianluigi Buffon saat melakoni debut untuk timnas senior Italia, tepatnya 19 tahun dan 9 bulan. Momennya terjadi pada duel play-off Kualifikasi Piala Dunia 1998 lawan Rusia (29/10/1997). Kala itu, Buffon menggantikan posisi kiper utama, Gianluca Pagliuca, yang mengalami cedera.

Soal rekor, koleksi 167 partai milik Buffon dan Casillas lebih banyak satu partai dari legenda Latvia, Vitalijs Astafjevs, yang sudah pensiun (166 caps).

Dilihat dari skala lebih luas, rekor dunia untuk penampilan terbanyak di level tim nasional sepak bola pria masih dipegang legenda Mesir, Ahmed Hassan.

Pria yang kini berusia 41 tahun itu membukukan 184 caps dalam rentang masa bakti 1995-2012 untuk negaranya.


Editor : Beri Bagja
Sumber : UEFA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X