Hong Soon-Hak; Big Bang, Sate Kambing, dan Pengalaman ke Papua

By Rabu, 16 November 2016 | 15:09 WIB
Hong Soon Hak, gelandang Persija asal Korea Selatan
GONANG SUSATYO/JUARA.NET
Hong Soon Hak, gelandang Persija asal Korea Selatan

Gara-gara Lim Jun-Sik, gelandang Korea Selatan yang bermain untuk Barito Putra, Hong Soon-Hak mencicipi panasnya kompetisi (atau lebih tepatnya turnamen) sepak bola Indonesia. Ini menjadi pengalaman baru bagi Soon-Hak yang sebelumnya membela klub papan atas Korsel, Suwon Samsung Bluewings.

“Saya bahkan buta dengan sepak bola Indonesia. Pemain dan pelatih di Korsel rata-rata memang tidak terlalu mengenal sepak bola Indonesia,” ungkap Soon-Hak yang sudah merasakan banyak pengalaman unik meski belum satu tahun menetap di Indonesia.

Kepada wartawan BOLA/JUARA.net, Gonang Susatyo, gelandang Persija Jakarta ini memaparkan kegembiraannya menyaksikan budaya K-Pop yang mewabah di Indonesia.

Apa yang membuat Anda tertarik bermain di Indonesia dan bergabung dengan Persija?

Lim Jun-Sik yang mengajak saya ke Indonesia. Bila bersedia, saya bergabung dengan Persija yang disebutnya sebagai salah satu klub besar di Indonesia.

Stadionnya besar dan punya suporter besar, Jakmania. Saya juga diperlihatkan foto-foto Stadion Gelora Bung Karno dan Jakmania. Saat datang dan pertama kali bermain, apa yang dikatakan Lim memang benar. Suporter Persija sungguh luar biasa.

Apakah Anda sebelumnya sudah tahu tentang sepak bola Indonesia?

Kalau Indonesia, jujur saya tidak tahu. Saya lebih mengenal Thailand karena saat di Suwon Samsung Bluewings, saya pernah menghadapi klub Thailand di Champions Asia. Pemain dan pelatih rata-rata tidak tahu sepak bola Indonesia.

Saya pun tak menyangka ternyata banyak pemain Korea ada di Indonesia. Di sini, saya sering kontak Lim, Yoo Jae-Hoon (kiper Persipura) dan Yoo Hyun-Koo (gelandang Sriwijaya FC). Mereka ternyata sudah empat atau lima tahun di Indonesia. Jadi, mereka fasih berbahasa Indonesia.

Bagaimana kesan Anda tentang sepak bola Indonesia? Punya pengalaman mengesankan selama bermain disini?


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X