Percuma Bale Spesialis Gol Pembuka

By Kamis, 17 November 2016 | 10:45 WIB
Para pemain Wales, di antaranya Ashley Williams dan Gareth Bale, menunggu bola pada laga kontra Serbia, Sabtu (12/11/2016).
ANTHONY DEVLIN/AFP
Para pemain Wales, di antaranya Ashley Williams dan Gareth Bale, menunggu bola pada laga kontra Serbia, Sabtu (12/11/2016).

Baru kurang dari dua bulan sejak Wales memainkan laga terbesar mereka sepanjang sejarah: semifinal Piala Eropa 2016 melawan Portugal.

Penulis: Rizki Indra Sofa

Usai pertandingan bersejarah itu, Wales kembali ke bumi, mengawali kompetisi dari awal lagi, yakni di Kualifikasi Piala Dunia 2018. Wales malah tertatih-tatih. Mereka baru mengoleksi enam poin dari empat pertandingan di Grup D.

Wales tertinggal empat angka dari Irlandia Utara di puncak tabel dan defisit dua poin dari Serbia di pos kedua klasemen. Terakhir, Wales cuma berbagi satu poin dengan Serbia (12/11/2016).

Padahal, mereka merumput di rumah, Cardiff City Stadium. Sang megabintang Gareth Bale menjadi satu-satunya pencetak gol Wales malam itu. Artinya, pemain Real Madrid tersebut sudah berkontribusi langsung sebanyak 15 gol dari 14 pertandingan Wales di hadapan publik sendiri. Rinciannya, dia bikin 11 gol dan empat assist!

Kalau spesifik hanya di pentas Kualifikasi PD 2018, Bale sudah terlibat dalam lima dari tujuh gol Wales (empat gol dan satu assist). Sulit bagi pelatih Chris Coleman memungkiri peran krusial Bale di tim Wales. Apalagi, belakangan peran pemuda berusia 27 tahun itu makin bertambah dengan statusnya sebagai spesialias pembuka skor.

Maksudnya, Bale kerap bikin gol pertama laga, satu hal yang biasanya sulit dilakukan. Kebiasaan ini ia bawa dari duel-duel yang dia mainkan bareng Madrid. Saat bersua Serbia, Bale bikin gol pertama dan satu-satunya. Mundur sekitar sebulan sebelumnya, dia juga mengemas gol pertama laga ketika Wales melawan Georgia.

Namun, duel tersebut juga berakhir imbang 1-1. Wales tak mampu meraih angka penuh lantaran mereka kebobolan meski unggul lebih dulu. Potensi tripoin yang diberikan gol-gol pembuka Bale pun bak percuma.

"Kami sangat kecewa. Kami main bagus di babak pertama, tetapi menghilang di babak II. Ini sepak bola. Kadang kami sudah sangat dekat dengan kemenangan, tapi mereka tiba-tiba mencetak gol. Hari ini kami kehilangan dua poin," kata Bale setelah timnya ditahan Serbia seperti dilansir BBC.

Gol Pembuka Laga Bale pada 2016-2017

Madrid vs Sociedad (3-0): 2 Gol
Wales vs Georgia (1-1): 1 Gol
Madrid vs Legia (5-1): 1 Gol
Madrid vs Legia (3-3): 1 Gol
Madrid vs Leganes (3-0): 1 Gol
Wales vs Serbia (1-1): 1 Gol


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X