Jawa Timur Mencari Bibit Sepak Bola dari Kalangan Santri

By Suci Rahayu - Selasa, 22 November 2016 | 06:01 WIB
Nurul Islam FC Jember keluar sebagai juara Piala Gubernur Jatim setelah pada partai final mengalahkan Ponpes Darussalam Banyuwangi 3-1, di Stadion Brawijaya Kediri, Sabtu (19/11/2016).
SUCI RAHAYU/JUARA.NET
Nurul Islam FC Jember keluar sebagai juara Piala Gubernur Jatim setelah pada partai final mengalahkan Ponpes Darussalam Banyuwangi 3-1, di Stadion Brawijaya Kediri, Sabtu (19/11/2016).

 Ide Menpora Imam Nahrawi menggelar Liga Santri Nusantara 2015 lalu ditindaklanjuti Gubernur Jatim, Sukarwo. Orang nomor satu di Jawa Timur itu pun menggelar Santri Soccer Piala Gubernur Jatim U-18 yang telah berlangsung di Stadion Brawijaya Kediri, 12-19 November 2016. 

Nurul Islam FC Jember keluar sebagai juara setelah pada laga final mengalahkan Ponpes Darussalam Banyuwangi dengan skor 3-1, Sabtu (19/11/2016).

"Tim-tim yang tampil di Kediri ini adalah tim terbaik setelah melewati penyisihan yang cukup panjang. Selama ini di pondok-pondok pesantren, sepak bola sebagai kegiatan ekstra," kata Reza Ahmad Zahid, Ketua RMI Jatim.

"Setelah Menpora melontarkan ide Liga Santri Nusantara, kami pun mulai serius membina bakat pesepak bola yang ada di pondok pesantren,” tuturnya.

Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf secara khusus memotivasi para santri yang punya bakat di sepak bola agar memanfaatkan peluang ini.

“Sebenarnya banyak bakat terpendam dari kalangan santri."

Pelatih Nurul Islam FC, Fahmi Amiruddin

"Setahu saya, di sepak bola profesional Indonesia ada pemain yang berlatar belakang santri. Budi Sudarsono adalah santri. Artinya, siapa pun punya hak sama untuk berkarier di sepak bola,” tutur Gus Ipul, panggilan karib Saifullah Yusuf.

Bak gayung bersambut, gebrakan Pemprov Jatim ini pun didukung Inter Sport. Anak perusahaan PT Gudang Garam, Tbk di Kediri pun sedang membuat program pembinaan pesepak bola muda.

“Kegiatan ini bagian dari program kami mencari bibit pesepak bola dari pesantren. Kami lebih fokus ke pemain muda, karena mereka yang nantinya jadi penerus prestasi sepak bola Indonesia,” ucap Ichwan Tri Cahyo, Kabag Humas PT Gudang Garam, Tbk.

Nurul Islam FC adalah juara Liga Santri Nusantara 2015. Tim ini juga pernah menjadi wakil Indonesia saat menjuarai Pekan Olahraga Malino di Malaysia 2015.

Baca juga:


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X