Rekor Roma Sepanjang Desember, Belum Terkalahkan Selama Tiga Tahun

By Rabu, 30 November 2016 | 13:27 WIB
para pemain AS Roma merakan gol mereka setelah Diego Perotti mencetak gol ke gawang Viktoria Plzen di Olimpico Stadium, Roma, Italia, 24 November 2016.
PAOLO BRUNO/GETTY IMAGES
para pemain AS Roma merakan gol mereka setelah Diego Perotti mencetak gol ke gawang Viktoria Plzen di Olimpico Stadium, Roma, Italia, 24 November 2016.

Tahun ini akan memasuki bulan terakhirnya, yakni Desember. Bagi AS Roma, Desember tahun ini akan amat menantang. Empat lawan berat siap menghadang laju Roma.

Penulis: Thomas Rizal

Setelah bertarung dalam derbi ibu kota menghadapi rival sekotanya, Lazio, pada 4 Desember, Roma akan menjamu AC Milan pada 12 Desember.

Berikutnya, Roma akan menghadapi sang juara bertahan, Juventus, pada 17 Desember. Perjalanan Roma akan ditutup dengan menghadapi Chievo, yang juga menjadi partai terakhir sebelum jeda musim dingin.

Hingga pekan 13, tiga lawan Roma selama Desember adalah penghuni empat besar klasemen sementara Serie A. Meski demikian, Roma boleh percaya diri dalam menatap bulan yang identik dengan perayaan hari Natal itu.

Pasalnya, Roma belum terkalahkan dalam pertandingan yang digelar Desember pada tiga musim terakhir. Chievo merupakan tim terakhir yang mampu mengalahkan Roma pada bulan itu, tepatnya pada 16 Desember 2012.

Roma memang memiliki rekor yang lumayan baik apabila bermain pada Desember. Terakhir kali Roma kalah dua kali pada Desember adalah pada 1999.

Saat itu Francesco Totti dkk kalah 0-1 dari Bologna dan 0- 2 dari Parma. Musim tersebut juga merupakan musim perdana Fabio Capello sebagai allenatore I Giallorossi. Pada akhir musim, Roma duduk di posisi enam klasemen.

Saat Roma merebut scudetto terakhirnya pada musim 2000-2001, Roma tak terkalahkan selama Desember, dengan menang 2-1 atas Udinese dan 1-0 atas Lazio, serta bermain imbang tanpa gol dengan Perugia dan Juventus.

Roma juga pernah menyapu bersih seluruh kemenangan pada bulan itu, yakni pada 2003. Saat itu Roma menang 3-0 atas Chievo, 1-0 atas Modena, dan 2-0 atas Empoli.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Tabloid BOLA No.2.720


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X