Taktik Hamilton di Abu Dhabi Pernah Diterapkan Jorge Lorenzo

By Kamis, 1 Desember 2016 | 11:43 WIB
Pebalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton, menunggu di paddock Circuit of The Americas, Austin, jelang sesi kualifikasi GP AS, Sabtu (22/10/2016).
MARK THOMPSON/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP PHOTO
Pebalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton, menunggu di paddock Circuit of The Americas, Austin, jelang sesi kualifikasi GP AS, Sabtu (22/10/2016).

Satu-satunya bos tim F1 yang sudah mengantisipasi taktik Lewis Hamilton yang menahan laju Nico Rosberg adalah Christian Horner, bos Red Bull. Karena, sesungguhnya, ini bukan hal baru dan bukan pula hal terlarang di sebuah balapan, apakah F1 atau MotoGP.

Penulis: Arief Kurniawan

Jorge Lorenzo adalah pelakunya. Peristiwanya mirip dengan Hamilton sebelum balapan terakhir. Keduanya sama-sama tertinggal poin, Lorenzo defisit 13 angka, sementara Hamilton 12.

Lorenzo mesti menang dan waktu itu rivalnya, Marc Marquez, mesti finis maksimal di posisi 5.

Lorenzo start dari posisi pertama GP Valencia 2013 itu dan sejak lap pertama dia terus menahan para pebalap di belakangnya agar mereka bisa mendekat dan kemudian menyusul Marquez.

Lorenzo akhirnya menang, tapi Marquez bisa lepas dari strategi rivalnya itu karena dia mampu finis di posisi tiga.

Kejadian serupa dialami oleh Hamilton. Dia menang, tapi Nico Rosberg yang mesti finis di urutan empat bisa lebih baik dari itu, di mana akhirnya jadi runner-up.

Baca Juga:

Marquez dan Rosberg pun dinobatkan jadi juara dunia. Dua kali dicoba, dua kali gagal. Apakah taktik ini bakal digunakan oleh para pebalap lain di musim-musim mendatang?

Barangkali yang perlu dijadikan pertimbangan lain adalah hati para pebalap yang diharapkan jadi pengganjal. Siapa tahu di antara mereka memang tak ingin terlibat dalam taktik itu.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X