Maluku dan Sepak Bola, Kisah Perantauan Singapura

By Senin, 5 Desember 2016 | 11:08 WIB
Beny Wahyudi (kiri), Abduh Lestaluhu (tengah), dan Bayu Pradana (kanan) saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada laga pembuka Piala AFF 2016 kontra Thailand di Stadion Philippine Sports Stadium, Bocaue, Sabtu (19/11/2016).
KUKUH WAHYUDI/BOLA/JUARA.NET
Beny Wahyudi (kiri), Abduh Lestaluhu (tengah), dan Bayu Pradana (kanan) saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada laga pembuka Piala AFF 2016 kontra Thailand di Stadion Philippine Sports Stadium, Bocaue, Sabtu (19/11/2016).

Berbicara soal sepak bola Maluku pasti tidak akan pernah bisa lepas dari Desa Tulehu. Brasilnya Indonesia, demikian julukan yang disematkan pada wilayah di Maluku Tengah ini.

Penulis: Gonang Susatyo

Tulehu dikenal luas sebagai desa penghasil pemain bola hebat. Sudah tak terhitung banyaknya lelaki asal Tulehu yang merantau bermain di berbagai klub di Indonesia dan tak sedikit pula yang berhasil menembus pintu tim nasional.

Namun, sepak bola Tulehu tidak hanya soal Ramdani Lestaluhu, Alfin Tuasalamony, Abduh Lestaluhu, Rizky Pellu, atau generasi sebelumnya macam Imran Nahumarury, Chairil Anwar Ohorella, atau bahkan Aji Lestaluhu, dan masih banyak lagi yang sudah berlabel nasional.

Para pesepak bola yang meninggalkan Tulehu tidak hanya bermain untuk klub-klub besar di kasta Liga Super Indonesia (LSI) maupun Divisi Utama. Namun, mereka juga menyebar di klub-klub kecil di seluruh Indonesia.

“Jangan sekadar bicara tentang klub besar di LSI. Di sini, ada banyak pemain yang memperkuat klub-klub di berbagai kota di Indonesia," ucap Rahel Tuasalamony, mantan gelandang Persebaya Surabaya pada 2000-an, saat mengajak BOLA berkeliling Desa Tulehu beberapa waktu lalu.

Baca Juga:

"Jangan salah, Anda bisa melihat mereka yang duduk-duduk atau bermain bola di jalanan itu pernah bermain di klub dan ikut kompetisi. Bila kontraknya tidak diperpanjang, mereka kembali ke Tulehu dan siap berangkat lagi bila ada tawaran bermain,” tuturnya.

Desa Tulehu sendiri terletak 25 km sebelah utara Kota Ambon, ibu kota Provinsi Maluku. Tulehu merupakan negeri adat yang dipimpin raja sebagai kepala pemerintahan.

“Di Tulehu, sepak bola sudah mendarah daging. Bila ada tim dari sini seperti Tulehu Putra bermain di luar daerah, kampung ini hampir kosong,” kata Hasim Nahumarury, Kaur Pemerintahan Negeri Tulehu.

“Pasar sudah sepi sebelum waktunya karena mereka ingin pergi menyaksikan Tulehu Putra bermain. Tak peduli di jalan atau ada ruang terbuka sedikit saja, sudah dipakai untuk bermain bola,” ucapnya.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X