El Clasico, Perang Megabintang 512 Gelar

By Sabtu, 3 Desember 2016 | 15:19 WIB
Andres Iniesta dan Cristiano Ronaldo, peraih titel terbanyak di kedua kubu.
GETTY IMAGES
Andres Iniesta dan Cristiano Ronaldo, peraih titel terbanyak di kedua kubu.

El clasico adalah perang bintang yang ukuran kedahsyatannya bisa ditakar dari keterlibatan megabintang sepak bola di kedua kubu, dengan Lionel Messi (Barcelona) dan Cristiano Ronaldo (Real Madrid) bertindak sebagai pemimpin.

Penulis: Rizki Indra Sofa

Hampir setiap jengkal hal di el clasico selalu menarik buat ditelusuri. Tak cuma dari sisi pemain, tapi juga merembet ke pelatih, fan, hingga isu-isu nonteknis semodel perang pasangan.

Satu aspek lain yang tak kalah mencengangkan jelas capaian para superstar di kedua kubu dalam hal raihan gelar. Total, komponen kedua kubu mengumpulkan 512 akumulasi gelar di berbagai level, baik itu klub maupun tim nasional semua kategori umur.

Jumlahnya jelas luar biasa, mengingat cakupan hitungannya hanya di capaian kolektif, alias klub dan negara, serta sejak para pemain masuk fase profesional.

Personel Barcelona saat ini bisa berbangga lantaran unggul tipis dengan 282 gelar, sedangkan sisa 230 titel menjadi milik penggawa Los Blancos.

[video]http://video.kompas.com/e/5226400070001[/video]

Dari 282 gelar itu, sebanyak 217 titel dikoleksi seluruh pemain saat berbaju Barca. Sebanyak 65 gelar lain diraih ketika mereka membela klub sebelumnya atau saat bermain buat negara.

Begitu juga dengan kubu Madrid. Dari 230 titel, 136 gelar dikoleksi semua pemain tatkala berseragam Madrid.

Dengan jumlah yang amat masif ini, dua sosok di masing-masing skuat ini amat dominan: Andres Iniesta dan Cristiano Ronaldo.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.721


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X