Piala Dunia Klub, Jeonbuk Mencoba Jadi Wakil Terbaik Asia

By Sabtu, 10 Desember 2016 | 11:31 WIB
Kim Bo Kyung #13 (Jeonbuk Hyundai Motors) merayakan gol pertama di Liga Champions Asia melawan FC Tokyo.
Masashi Hara/Getty Images
Kim Bo Kyung #13 (Jeonbuk Hyundai Motors) merayakan gol pertama di Liga Champions Asia melawan FC Tokyo.

Jeonbuk Hyundai Motors memastikan tempat di Piala Dunia Klub setelah menjadi juara Liga Champions Asia 2016. Di final, mereka mengalahkan Al Ain dari Uni Emirat Arab dengan agregat 3-2 pada November silam.

Penulis: Anggun Pratama

Gelar Liga Champions Asia itu merupakan yang kedua buat Jeonbuk. Trofi perdana mereka dapat pada 2006.

Saat itu, Choi Kanghee juga menjadi pelatih Jeonbuk, yang berarti menjadi satu-satunya pelatih yang bisa meraih dua gelar LC Asia.

Klub Korea Selatan tersebut menjadi klub ketiga yang bisa mendapatkan dua gelar Liga Champion.

Mereka bergabung dengan tim seperti Al Ittihad (Arab Saudi) dan Guangzhou Evergrande (Tiongkok). Ketiganya merupakan klub tersukses di Asia di ajang Liga Champions.

Jeonbuk menjadi klub Korea Selatan keempat yang bisa menjuarai LC. Sebelumnya ada Pohang Steelers (2009), Seongnam FC (2010), dan Ulsan Hyundai (2012).

Demi menjuarai LC Asia 2016, langkah Jeonbuk tak selalu mulus. Walau menjuarai Grup E, Jeonbuk sempat mengalami kekalahan 2-3 saat tandang ke markas tim Vietnam, Becamex Binh Duong.

Mereka juga kalah 2-3 saat tandang ke Nanjing saat melawan Jiangsu FC.

Setelah memasuki fase gugur, Jeonbuk ngacir dan tidak menderita satu pun kekalahan dalam delapan laga. Melbourne Victory, Shanghai SIPG, FC Seoul, dan Al Ain, di final bisa mereka taklukkan.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X