Rekor Gol Lionel Messi; Seeler, McGory, Baru Mueller

By Jumat, 16 Desember 2016 | 14:31 WIB
Gestur striker Barcelona, Lionel Messi, saat menghadapi Real Sociedad dalam laga lanjutan La Liga 2016-2017 di Stadion Anoeta, San Sebastian (7/11/2016).
ANDER GILLENEA/AFP
Gestur striker Barcelona, Lionel Messi, saat menghadapi Real Sociedad dalam laga lanjutan La Liga 2016-2017 di Stadion Anoeta, San Sebastian (7/11/2016).

Match winner ball, alias bola yang secara otomatis diberikan kepada pencetak hattrick di sebuah laga, jatuh buat Arda Turan berkat trigolnya ke gawang Borussia Moenchengladbach. Meski begitu, atensi khusus juga tak boleh dilepaskan dari Lionel Messi, yang membuka gol bagi Barcelona.

Penulis: Sapto Haryo Rajasa

Maklum, tambahan satu gol itu memastikan koleksi Messi kini menyentuh 473 gol.

Jumlah tersebut tak hanya sensasional untuk ukuran internal klub, di mana Messi meninggalkan jauh Cesar Rodriguez (230 gol), tapi juga fantastis untuk level regional di Benua Eropa.

Ya, total gol La Pulga itu baru saja menyamai rekor milik Eusebio, legenda Portugal yang bermain untuk Benfica.

Memang, bukan untuk total gol overall bagi pemain yang merumput di banyak klub, melainkan hanya bagi pemain berstatus one man club alias cuma bermain di satu klub.

Akhir pekan kemarin, berkat dua gol saat Barca bertamu ke Osasuna dalam lanjutan jornada 15 La Liga, Messi dengan total 475 golnya, sudah melewati rekor Eusebio.

Sebelumnya, Messi lebih dulu melewati catatan bersejarah kepunyaan pemain-pemain seperti Jose Aguas (Benfica, 379 gol), Nene (Benfica, 359), Ian Rush (Liverpool, 349) dan Telmo Zarra (Athletic Bilbao, 336).

Ia juga masih unggul jauh atas Cristiano Ronaldo (Real Madrid, 371). Artinya, kini tinggal ada tiga nama yang belum dilewati Messi. Yang terdekat adalah Uwe Seeler, legenda Hamburg SV (507).


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X