Indonesia Vs Thailand: Pelajaran dari Singapura

By Rabu, 14 Desember 2016 | 07:23 WIB
Para pemain Indonesia, Andik Vermansah, Stefano Lilipaly, dan Bayu Pradana, merayakan kemenangan atas Singapura di laga fase grup Piala AFF 2016 di Rizal Memorial Stadium, Filipina, pada 25 November 2016.
KUKUH WAHYUDI/BOLA/JUARA.NET
Para pemain Indonesia, Andik Vermansah, Stefano Lilipaly, dan Bayu Pradana, merayakan kemenangan atas Singapura di laga fase grup Piala AFF 2016 di Rizal Memorial Stadium, Filipina, pada 25 November 2016.

Thailand terlihat begitu perkasa dalam perjalanan menuju laga puncak Piala AFF 2016. Lima pertandingan disapu bersih, termasuk laga pembuka Grup A kontra Indonesia, dengan torehan selusin gol dan cuma dua kali kebobolan.

Penulis: Andrew Sihombing/Suci Rahayu/Budi Kresnadi

Namun, bukan berarti Thailand tidak memiliki celah. Selain kepercayaan diri mereka yang begitu tinggi, laga melawan Singapura pada fase grup sedikit banyak memberi pelajaran bahwa Thailand juga bisa mengalami kesulitan.

Ketika itu, Teerasil Dangda begitu sulit menembus pertahanan rapat Singapura. Thailand membutuhkan gol pada menit terakhir lewat pemain pengganti Sarawut Masuk untuk bisa meraih tripoin.

Thailand hanya akan menggila bila lawannya bermain terbuka, demikian pelajaran yang bisa dipetik dari Singapura. Karena itu, penerapan taktik dua gelandang bertahan seperti saat menghadapi Vietnam pada leg kedua semifinal bisa menjadi opsi utama.

Keberadaan dua gelandang bertahan juga bisa menutupi celah permainan timnas. Sebagaimana diperlihatkan zone map dari Labbola, lubang tercipta di sisi kanan permainan Tim Merah Putih akibat jauhnya jarak Andik Vermansah dan bek Beny Wahyudi.

Baca Juga:

Gelandang bertahan ekstra pendamping Bayu Pradana bisa mengisi celah tersebut. Hal ini menjadi kian penting mengingat Thailand sudah mencetak lima gol lewat serangan dari sisi kiri.

Legenda Persib, Sutiono Lamso, sepakat dengan penggunaan dua gelandang bertahan itu. Hanya, ia juga menyertakan syarat tambahan.

"Akan berbahaya bila Indonesia bermain terbuka. Selain itu, harus diupayakan pemain Indonesia tidak terburu-buru membuang bola setelah mematahkan serangan lawan," ujarnya.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X