Wasit Mike Dean, Bumbu Derbi Merseyside Lezat

By Senin, 19 Desember 2016 | 10:31 WIB
Wasit Mike Dean saat memimpin laga Stoke City versus Manchester City, Sabtu (20/8/2016)
CLIVE BRUNSKILL/GETTY IMAGES
Wasit Mike Dean saat memimpin laga Stoke City versus Manchester City, Sabtu (20/8/2016)

Jika menginginkan Derbi Merseyside yang menarik, bumbu tambahan “lezat” berupa sosok pengadil. Penunjukan Mike Dean oleh FA untuk derbi pada Senin (19/12/2016) telah membuat kedua kubu berkernyit.

Penulis: Christian Gunawan

Derbi Merseyside ini akan menjadi yang pertama ditengahi Dean. Bukan itu saja, laga nanti juga yang pertama bagi Dean setelah lebih dari satu dasawarsa menjadi pengadil laga-laga Liverpool atau Everton.

Sepanjang karier perwasitannya, Dean hanya bertugas dalam dua laga Everton, yakni saat Toffees kalah pada Boxing Day 2003 dari tuan rumah Manchester United dan dalam partai imbang di Wigan pada 2006, dengan catatan striker temperamental Duncan Ferguson mendapat “hadiah” kartu merah.

Dean hanya sekali mewasiti pertandingan Liverpool. Di partai Piala Liga 2003 itu, Si Merah kalah 1-2 dari Sheffield United. Alasan mengapa Dean sangat jarang menjadi wasit laga yang dijalani dua klub Merseyside tentu tak jauh dari asal-usulnya.

Pria berusia 48 tahun itu berasal dari Wirral, sebuah wilayah metropolitan yang masih merupakan bagian dari Merseyside. Dean tak pernah mengungkapkan dukungan kepada salah satu klub Merseyside, tapi latar belakangnya itu menjadi ganjalan dirinya untuk mewasiti laga salah satu klub tersebut.

Pada 2006, FA membatalkan penunjukan Dean untuk fi nal Piala FA antara Liverpool dan West Ham.

“Fakta bahwa ia berasal dari Wirral bisa mengundang komentar dan debat, yang dapat menempatkan dirinya dalam tekanan tambahan,” sebut FA kala itu seperti dikutip The Guardian.

Musim ini Dean telah menengahi 14 pertandingan, 12 di antaranya di liga. Selama selusin laga liga itu, ia merogoh 63 kartu kuning (4,25 kartu kuning per partai) dan tiga kartu merah (semuanya dari dua kartu kuning). Harapkan jumlah itu bertambah, boleh jadi secara signifi kan, usai derbi.

Bantuan


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X