Klub Basque di La Liga Tidak Hanya Athletic Bilbao

By Minggu, 18 Desember 2016 | 15:20 WIB
Aritz Aduriz (Athletic Bilbao) merayakan gol pembuka di ajang semifinal Copa del Rey leg kedua melawan RCD Espanyol di Cornella-El Prat, 4 Maret 2015.
Alex Caparros/Getty Images
Aritz Aduriz (Athletic Bilbao) merayakan gol pembuka di ajang semifinal Copa del Rey leg kedua melawan RCD Espanyol di Cornella-El Prat, 4 Maret 2015.

Kompetisi Primera Liga sudah bergulir sejak 1929, 87 tahun yang lalu. Namun, baru musim ini ada empat klub dari daerah otonomi Basque yang berada di level tertinggi sepak bola Spanyol itu. 

Penulis: Dian Savitri

Mereka adalah Alaves, Athletic Bilbao, Eibar, dan Real Sociedad. Kalau ketiga klub lainnya sudah mencicipi betapa kerasnya Primera Liga, maka tidak demikian dengan Eibar.

Sociedad Deportivo Eibar pertama kali berlaga di Primera Liga pada musim 2014/15.

Pada akhir musim itu, Eibar berada di urutan ke-18. Degradasi seharusnya menjadi ‘jatah’ mereka. Akan tetapi, Elche, yang berada di urutan ke-13, harus didegradasi oleh Liga de Futbol Profesional (LFP) karena masalah finansial.

Alhasil, Eibar pun berhak untuk melanjutkan petualangan di Primera Liga. Pada musim 2015/16, Eibar berada di urutan ke-14, jauh dari zona relegasi.

Klub yang berasal dari sebuah kota berpenduduk 25.000 orang itu boleh merasa yakin bahwa mereka berhak berada di Primera Liga, bukan karena keberuntungan.

Musim ini Alaves kembali ke Primera Liga setelah 10 musim berada di Divisi Segunda dan Segunda B.

Dengan demikian, karena ada empat klub dari Basque, maka 20 persen anggota Primera Liga musim ini berasal dari sebuah region yang berpenduduk sekitar tiga juta orang.

Populasi negara Spanyol nyaris 47 juta jiwa. Dari keempat klub itu, Bilbao adalah yang tersukses. Klub yang sekarang dilatih oleh Ernesto Valverde itu menjadi satu dari klub yang belum degradasi dari Primera Liga. Dua klub lainnya adalah Real Madrid dan Barcelona.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X