Di Liga China, Gaji Oscar Lewati Lionel Messi

By Dwi Widijatmiko - Selasa, 20 Desember 2016 | 18:56 WIB
Gelandang Chelsea, Oscar, tampil dalam laga Premier League kontra Liverpool, di Stadion Stamford Bridge, 16 September 2016.
GLYN KIRK/AFP
Gelandang Chelsea, Oscar, tampil dalam laga Premier League kontra Liverpool, di Stadion Stamford Bridge, 16 September 2016.

Sudah bisa dipastikan bahwa gelandang serang asal Brasil, Oscar dos Santos Emboaba Junior, akan meninggalkan Chelsea pada bursa transfer Januari dan pindah ke klub Liga China, Shanghai SIPG.

Chelsea tidak keberatan melepasnya karena Shanghai akan membayar 60 juta pound (hampir 1 triliun rupiah). Dulu Chelsea hanya mengeluarkan 27 juta pound untuk merekrut Oscar dari klub Brasil, Internacional. Menurut Transfermarkt, nilai pasar Oscar kini cuma 29,75 juta pound.

Chelsea makin senang karena Oscar saat ini bukan pilihan utama di tim besutan Antonio Conte. Sejak Chelsea memakai sistem 3-4-3, Oscar tersingkir ke bangku cadangan.

Baca Juga:

Oscar sendiri digoda dengan gaji gila-gilaan. Shanghai akan membayarnya 20 juta pound per tahun atau 400 ribu pound per pekan. Angka itu setara 6,6 miliar rupiah sepekan! Gaji sebesar itu jauh melampaui pendapatan Oscar di Chelsea, yang hanya sebesar 90 ribu pound per pekan.

Gaji Oscar bahkan melampaui Lionel Messi di Barcelona. Messi dibayar 270 ribu pound per pekan. Gaji Oscar di Shanghai hanya kalah dari Cristiano Ronaldo (Real Madrid/440 ribu pound per pekan) dan Ezequiel Lavezzi (Hebei China Fortune/493 ribu pound per pekan).

Kepindahan Oscar, yang jelas-jelas dimotivasi uang, dikritik sejumlah orang. Salah satunya eks pemain Liverpool dan timnas Inggris, Jamie Carragher dalam kolomnya di Daily Mail.

Momen yang sedih bagi sepak bola saat seorang pemain yang dalam usia emasnya pindah ke klub lain hanya karena uang. Ini bukan transfer untuk memajukan kariernya. Bisa dimengerti jika pemain yang sudah berusia di atas 30 tahun melakukan hal ini, tapi kita bicara pemain yang masih berusia 25 tahun. Memalukan melihat seorang pemain menyudahi kariernya dan hanya mengejar uang,” tulisnya.

Namun, para pemain Chelsea yang diwakili Willian menyatakan memahami keputusan Oscar. “ Karier pesepak bola bisa cepat berakhir. Ketika ada tawaran seperti ini datang, Anda harus memikirkan keluarga. Anda ingin siap ketika sudah tidak bisa bermain lagi,” katanya.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Transfermarkt, The Sun, Daily Mail


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X