MSN Vs BBC, Luis Enrique Siasati Keunggulan Semu

By Minggu, 25 Desember 2016 | 11:03 WIB
Striker Barcelona, Luis Suarez (tengah), melakukan selebrasi bersama rekan setimnya, Lionel Messi (kiri) dan Neymar Jr. usai mencetak gol ke gawang Espanyol dalam laga lanjutan La Liga 2016-2017 di Stadion Camp Nou, Barcelona, pada 18 Desember 2016.
DAVID RAMOS/GETTY IMAGES
Striker Barcelona, Luis Suarez (tengah), melakukan selebrasi bersama rekan setimnya, Lionel Messi (kiri) dan Neymar Jr. usai mencetak gol ke gawang Espanyol dalam laga lanjutan La Liga 2016-2017 di Stadion Camp Nou, Barcelona, pada 18 Desember 2016.

Sulit membantah bahwa kesuksesan FC Barcelona meraup tujuh trofi di dua musim bersama Luis Enrique adalah karena kedahsyatan daya ledak trio MSN. 

Penulis: Sapto Haryo Rajasa

Maklum, di musim perdana el lucho (2014/15), trisula Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar mampu mengemas 122 dari total 175 gol Barca di seluruh kompetisi.

Kontribusi setara 69,7% dari total gol Blaugrana itu semakin menguat menjadi 75,7% di tahun kemarin, ketika sinergi MSN mencaplok 131 dari total 173 gol Barca di seluruh kompetisi.

Artinya, di masing-masing musim tersebut, sekitar 30% dan 25% gol tim disumbangkan oleh belasan pemain lain.

Beralih ke musim 2016/17, dominasi MSN di Camp Nou masih berlanjut.

Meski levelnya tersedikit dibandingkan dua musim awal, sekitar 58,6% dari total gol, jumlah 44 dari 75 gol ini tetap tergolong fantastis.

Terutama jika kita membandingkannya dengan pencapaian trisula BBC milik Real Madrid.

Dalam periode akhir Agustus, awal bergulirnya kompetisi resmi di 2016/17, hingga pengujung Desember, batas akhir medan laga sebelum pergantian tahun, trio Gareth Bale, Karim Benzema, dan Cristiano Ronaldo, hanya mampu mengemas 33 gol.

Jumlahnya berselisih 11 gol dari raihan MSN.

Tak cuma itu, dari perspektif assist, parameter lain yang dipakai guna menunjukkan prestasi pesepak bola, MSN juga mengungguli BBC dengan komparasi 26 berbanding 13.

Baca Juga:

 

Lagi-lagi MSN unggul dengan jarak lumayan jauh, 13 assist, ketimbang trio asal Santiago Bernabeu tersebut.

“Saya pikir ini (hasil bagus MSN) adalah tentang rasa kasih, pertemanan, dan kebahagiaan yang kami miliki karena bisa bermain bersama. Kami berlatih bersama, saling membantu guna menciptakan sejarah,” ujar Neymar menjelaskan kunci sukses MSN, saat diwawancarai CNN.

"Satu-satunya perbedaan adalah kami adalah tiga pemain yang dianggap bintang di negaranya masing-masing, bermain bareng di Barcelona," lanjutnya.

Neymar mungkin tidak sedang menjalani periode terbaik di musim ini. Sejauh ini sumbangsih golnya baru enam. Jaraknya sangat jomplang dari koleksi Messi yang berjumlah 23 gol, maupun Suarez (15 gol), bahkan Arda Turan (11 gol).

Namun, Neymar berkontribusi atas 13 assist bagi timnya. Tertinggi di antara pemain lain.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.727


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X