Rahmad Ma'ruf Rivai, antara Poci, Baretti, dan Persihaltim

By Minggu, 25 Desember 2016 | 13:05 WIB
Mantan pemain tim nasional yang kini menjadi pelatih Persihaltim Halmahera Timur, Rahmad Rivai.
GONANG SUSATYO/BOLA/JUARA.NET
Mantan pemain tim nasional yang kini menjadi pelatih Persihaltim Halmahera Timur, Rahmad Rivai.

Striker-striker lokal top menjamur mulai pengujung 1990-an hingga awal 2000-an. Widodo Cahyono Putro, Kurniawan Dwi Yulianto, Budi Sudarsono, Gendut Doni Christiawan, Bambang Pamungkas, dan Ilham Jaya Kesuma adalah nama-nama tenar kala itu.

Penulis: Gonang Susatyo

Di antara mereka terselip satu figur lain dari pelosok Ternate bernama Rachmat Ma’ruf Rivai. Mengawali karier di Persiter Ternate, Rivai kurang diperhitungkan karena berpostur mini dan bermain di wilayah Timur.

“Postur tubuh saya mungil. Bahkan saat masuk tim sepak bola SMA di Ternate, saya sempat ditolak karena masalah ini. Pihak sekolah terkejut mengetahui saya bisa lolos seleksi Persiter Junior," ujar Rivai kepada Tabloid BOLA.

Postur mungil pula yang membuat Rivai selalu dipanggil Poci atau Si Kecil dalam bahasa Ternate. Panggilan ini digunakan oleh sahabatnya di kampung setiap kali bermain sepak bola bersama.

“Soalnya, saya selalu menghadapi lawan yang bertubuh tinggi dan besar. Dia selalu teriak, ‘Poci, Poci.’ Jadilah saya dipanggil orang Poci sampai sekarang,” kata Rivai seraya tertawa.

Bertubuh kecil tak membuat Rivai minder. Dia mampu membuktikan sebagai striker yang layak diperhitungkan.

Kualitasnya mulai tampak saat membela Maluku Utara di Piala Soeratin (1993-1995) sampai lolos seleksi masuk tim Baretti dan dikirim ke Italia menyusul tim Primavera.

Baca Juga:

“Hanya, saya batal berangkat karena diminta pulang ke Ternate. Bagi saya tak masalah gagal ke Italia. Apalagi, saya kemudian bergabung dengan Persiter. Saya sudah jenuh hanya berlatih terus. Lalu kapan main bola dan terima gaji,” ucapnya.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X