Kian Jelas Komposisi Tim untuk F1 Musim 2017

By Minggu, 25 Desember 2016 | 00:40 WIB
Felipe Massa tak jadi pensiun dan tetap di Williams, Valtteri Bottas ke Mercedes, dan Pascal Wehrlein ke Sauber, kemungkinan untuk 2017.
GETTY IMAGES
Felipe Massa tak jadi pensiun dan tetap di Williams, Valtteri Bottas ke Mercedes, dan Pascal Wehrlein ke Sauber, kemungkinan untuk 2017.

Kabar Valtteri Bottas ke Mercedes kian menguat dengan kesediaan Felipe Massa urung pensiun. Kalau itu terjadi, ada kemungkinan F1 2017 hanya menyisakan dua kursi di tim Manor.

Penulis: Arief Kurniawan

Williams tak ingin melepas begitu saja Valtteri Bottas ke Mercedes. Mereka bukannya tak mau dapat potongan pembelian power unit (mesin) dari Mercedes, tetapi yang dibutuhkan adalah pebalap berpengalaman.

Ada dua alasan kenapa tim yang bermarkas di Grove, Inggris ini terpaksa memanggil kembali Felipe Massa. Pertama, Lance Stroll, pebalap kedua mereka, musim depan masih terlalu muda, 19 tahun. Kedua, ada perubahan regulasi teknis di 2017.

Williams tak ingin kejadian semua kondisi itu malah menyulitkan, karena 2016 adalah tahun tak mengenakkan dan tak ingin mereka ulangi. Setelah pada 2014 dan 2015 ada di peringkat tiga konstruktor, musim ini mereka turun dua posisi.

Williams tak mau kehilangan puluhan juta dolar lagi seperti pada 2016.

Peringkat lima konstruktor sudah pasti berdampak hilangnya puluhan juta dolar bagi Williams dari sisi pembagian keuntungan F1 dari FOM (Formula One Management).

Karenanya, pebalap senior yang mampu mendampingi dan membimbing Stroll, plus beradaptasi dengan regulasi baru amat dibutuhkan.

Williams tak mau kehilangan puluhan juta dolar lagi seperti pada 2016. Di situlah peran Massa sangat dibutuhkan, sebagai pengganti Bottas.

Takut Promosikan Wehrlein?

Dengan kepastian ini, maka ada kemungkinan F1 2017 tinggal menyisakan satu kursi. Tadinya ada empat: satu di Mercedes, satu di Sauber, dan dua di Manor.


Editor : Estu Santoso
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.727


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X