'Skema Terapan Conte Sukses karena Jadwal Bertanding Chelsea Tidak Padat'

By Verdi Hendrawan - Minggu, 25 Desember 2016 | 07:01 WIB
Kebahagiaan manajer Chelsea, Antonio Conte, seusai timnya mengalahkan Sunderland 1-0 pada pekan ke-16 Premier League di Stadium of Light, Rabu (14/12/2016)
LAURENCE GRIFFITHS/GETTY IMAGES
Kebahagiaan manajer Chelsea, Antonio Conte, seusai timnya mengalahkan Sunderland 1-0 pada pekan ke-16 Premier League di Stadium of Light, Rabu (14/12/2016)

Manajer Antonio Conte secara instan berhasil membawa Chelsea ke papan atas klasemen Premier League. Kesuksesan ini adalah hasil dari beberapa hal baru yang diterapkan manajer berusia 47 tahun dalam tim The Blues.

Hingga pekan ke-17, Chelsea bertengger di puncak klasemen dengan raihan 43 poin. The Blues unggul enam poin dari Liverpool yang berada di peringkat kedua.

Hal ini berhasil didapat Antonio Conte setelah melakukan beberapa perubahan drastis dalam cara bermain tim. Mantan pelatih Juventus itu secara mengejutkan menerapkan skema 3-4-3, hal yang sangat jarang dilakukan oleh tim-tim Inggris.

Hasilnya, Chelsea berhasil meraih 11 kemenangan beruntun di Premier League setelah menang 1-0 di markas Crystal Palace, Sabtu (17/12/2016). Satu raihan tiga poin lagi akan membuat Conte sukses memecahklan rekor kemenangan klub.

Baca Juga:

Namun, pandangan miring dari skema yang diterapkan Conte juga tidak bisa dihindarkan. Salah satunya datang dari legenda Arsenal, Paul Merson.

Merson menilai bahwa skema 3-4-3 adalah sesuatu yang sangat melelahkan bagi para pemain. Namun, hal ini berhasil diterapkan di Chelsea saat ini karena mereka memiliki jadwal bertanding yang sedikit karena The Blues absen di kompetisi Eropa.

"Skema Conte hanya bisa berjalan lancar karena Chelsea hanya bermain sepekan sekali. Para wing-back mereka harus melakukan banyak pekerjaan yang tidak bisa mereka melakukannya tiga kali setiap pekan," kata Merson dikutip dari Squawka.

"Absen dari kompetisi Eropa benar-benar telah membantu mereka. Kondisi ini membuat mereka memiliki banyak waktu mempersiapkan tiga pemain bertahan mereka dalam sesi latihan," ucapnya.

Hal ini membuat Merson percaya bahwa Chelsea harus kembali menambah kekuatan skuat mereka. Mendatangkan beberapa pemain, terutama di sektor sayap, sangat penting demi menjaga kondisi pemainnya.


Editor : Estu Santoso
Sumber : Squawka


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X