Kilas Balik Sepak Bola Indonesia 2016, Berusaha Hidup Kembali

By Kamis, 29 Desember 2016 | 10:44 WIB
Presiden Joko Widodo berpose bersama pemain timnas Indonesia sebelum makan siang di Istana Merdeka, Senin (19/12/2016).
IHSANUDDIN/KOMPAS.COM
Presiden Joko Widodo berpose bersama pemain timnas Indonesia sebelum makan siang di Istana Merdeka, Senin (19/12/2016).

Sanksi yang dijatuhkan FIFA kepada PSSI pada 30 Mei 2015 lalu membuat persepakbolaan Tanah Air seperti mati suri. Kompetisi resmi berhenti.

Penulis: Ferry Tri Adi

Tak ada gemuruh suporter di stadion. Perputaran uang di area laga juga terhenti karena para pedagang atribut klub beralih profesi sementara.

Kondisi menyedihkan itu untungnya tak berlangsung lama. Demi menjaga api gairah masyarakat sepak bola Tanah Air, turnamen pendek pun digelar dari mulai akhir 2015 hingga awal 2016.

Sepak bola Indonesia mencoba bertahan untuk hidup. Demikian setelah sanksi dari FIFA dicabut pada 13 Mei 2016. Dunia si kulit bulat negeri ini berusaha bangkit kembali.

Turnamen Pendek

Setelah rentetan turnamen pendek pada 2015, tahun 2016 kebagian Piala Jenderal Sudirman yang sebenarnya digelar pada 10 November 2015 hingga 24 Januari 2016.

Turnamen yang digagas Tentara Nasional Indonesia (TNI)untuk memperingati seabad usia Jenderal Sudirman itu diikuti 15 klub Liga Super Indonesia (LSI) yang dibagi tiga grup. Mitra Kukar keluar sebagai juara setelah menaklukkan Semen Padang 2-1 di final.

Tak berhenti di situ. Turnamen lanjutan pun kembali dibuat demi mengisi kekosongan klub tanpa adanya kompetisi resmi.  

Nama turnamen berikutnya ialah Bali Island Cup yang diikuti tuan rumah Bali United, Persib, Arema, dan PSS Sleman. Pada turnamen yang digelar mulai 18 hingga 13 Februari itu, Arema tampil sebagai jawara.

Selanjutnya, Piala Gubernur Kalimantan Timur dilaksanakan pada 27 Februari hingga 13 Maret. Sebanyak 12 klub ikut ambil bagian (10 klub LSI ditambah PS TNI dan PON Kaltim) yang dibagi tiga grup.

Pusamania Borneo menjadi juara setelah di final menaklukkan Madura United 1-0.

Tunamen jangka pendek terakhir ialah Piala Bhayangkara 2016 yang digagas Kepolisian Republik Indonesia. Terdapat 10 klub yang turut serta (8 klub LSI plus PS TNI dan PS Polri) dan dibagi dua grup.

Arema keluar sebagai kampiun turnamen yang digelar pada 17 Maret sampai 3 April 2016 itu setelah di final menekuk Persib 2-0.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X