Pemain Asing Persipura Layak Dipertahankan

By Rabu, 28 Desember 2016 | 09:13 WIB
Para pemain Persipura Jayapura merayakan keberhasilan menjadi juara TSC 2016 di Stadion Mandala, Minggu (18/12/2016).
DOK. PT GTS
Para pemain Persipura Jayapura merayakan keberhasilan menjadi juara TSC 2016 di Stadion Mandala, Minggu (18/12/2016).

Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 ibarat roda berputar bagi Persipura Jayapura. Paruh pertama menandakan kegagalan karena Tim Mutiara Hitam sering tercecer keluar posisi tiga besar klasemen sementara.

Penulis: Indra Citra Sena

Akan tetapi, paruh kedua merupakan periode kebangkitan, di mana Persipura mulai konsisten menempati tiga besar sampai akhirnya menyalip Arema Cronus pada pekan-pekan krusial. Hal itu sedikit banyak dipengaruhi oleh kebijakan manajemen terkait perekrutan pemain asing.

Pada paruh pertama kompetisi, manajemen Persipura bisa dibilang salah besar dalam merekrut dua striker Liberia, James Koko Lomel dan Boakay Eddie Foday, serta penyerang asal Timor Leste, Thiago Fernandes.

Ketiganya telah didepak pada pertengahan musim lantaran minim berkontribusi.

Namun, insting Persipura membaik di paruh kedua. Dua pengganti yang diboyong, yakni Ricardinho (Brasil) dan Edward Wilson Junior (Liberia), barangkali sempat diragukan mengingat status mereka hanya legiun asing kelas dua.

Sebuah anomali buat klub raksasa seperti Persipura, yang terbiasa mendatangkan nama-nama top.

Baca Juga:

Beto Goncalves (2007-2012), Zah Rahan (2010-2013), Otavio Dutra (2012-2013), dan Robertino Pugliara (2015) adalah beberapa di antaranya Status boleh kelas dua, tapi toh kontribusi Ricardinho dan Edward jauh dari kata minim.

Keduanya bahkan ikut ambil bagian dalam kebangkitan Persipura, terutama saat meraih enam kemenangan beruntun di pekan-pekan penentuan juara (29-34).


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X