Kilas Balik 2016, Pesta Brasil Berakhir Sempurna di Rio 2016

By Rabu, 28 Desember 2016 | 13:39 WIB
para pemain Brazil saat menyanyikan lagu nasional dalam pertandingan final Olimpik Rio melawan JermaN, 20 Agustus 2016/ LAURENCE GRIIFFITHS
LAURENCE GRIIFFITHS
para pemain Brazil saat menyanyikan lagu nasional dalam pertandingan final Olimpik Rio melawan JermaN, 20 Agustus 2016/ LAURENCE GRIIFFITHS

Brasil sukses menyelenggarakan Olimpiade musim panas pertama di Benua Amerika Selatan. Pesta olahraga terbesar dan tertua di dunia itu kian sempurna bagi tuan rumah setelah Brasil meraih medali emas cabang sepak bola.

Penulis: Thomas Rizal

Keberhasilan Neymar dkk. ini sekaligus menjawab penantian panjang Brasil untuk meraih kepingan emas perdananya.

Sebelumnya, meski telah meraih lima trofi Piala Dunia, Brasil selalu apes jika berbicara soal Olimpiade.

Dari 12 kali keikutsertaannya di Olimpiade sebelumnya, prestasi Brasil hanya tiga medali perak (1984, 1988, dan 2012) serta dua perunggu (1996 dan 2008).

Tak heran apabila medali emas yang diraih Brasil di tanah airnya sendiri disambut dengan suka cita. Kegembiraan itu juga menghapus rasa apatis rakyat Brasil yang sempat menganggap menjadi tuan rumah Olimpiade hanya menghambur- hamburkan uang.

Nyaris Tersingkir

Perjalanan Brasil dalam meraih emas pertamanya diawali melalui jalur berliku. Sebagai favorit di Grup A, Brasil yang diarsiteki Rogerio Micale justru hanya meraih hasil imbang tanpa gol dalam dua laga awalnya, menghadapi Afrika Selatan dan Irak.

Sempat diprediksi tersingkir, Brasil sukses menjawab kritik dengan menghempaskan Denmark 4-0 di partai pamungkas penyisihan grup.

Setelah itu, permainan Brasil mulai padu. Di perempat final, Tim Kuning-Biru sukses mengalahkan Kolombia 2-0. Di semifinal, giliran Honduras yang digilas 6-0.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No.2.728


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X