Piala Dunia 2026 Pakai 16 Grup?

By Rabu, 28 Desember 2016 | 21:18 WIB
Presiden FIFA, Gianni Infantino, menjalani konferensi pers tentang Video Assistant Referees (VAR), atau Teknologi video tayangan ulang, di Stadion San Nicola, Bari, 2 September 2016.
ALBERTO PIZZOLI/AFP
Presiden FIFA, Gianni Infantino, menjalani konferensi pers tentang Video Assistant Referees (VAR), atau Teknologi video tayangan ulang, di Stadion San Nicola, Bari, 2 September 2016.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, tetap kukuh soal penambahan jumlah kontestan Piala Dunia menjadi 48 tim. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan 16 grup.

Sejak 1998, Piala Dunia menggunakan 32 negara dan terbagi rata ke dalam 8 grup. Infantino punya ide agar jumlah negara itu bisa diperbanyak menjadi 48 pada Piala Dunia 2026.

Usulan itu sempat menimbulkan sikap defensif dari sejumlah kalangan. Namun, Infantino tetap kukuh bawah ide penambahan kontestan putaran final Piala Dunia itu bukan hal yang mustahil.

"Saya tetap yakin bisa melakukan penambahan jumlah peserta menjadi lebih banyak dari 32 negara," ujar Infantino pada International Sports Conference di Dubai, Selasa (27/12/2016), seperti dilansir dari ESPN FC.

"Kami masih mempetimbangkan apakah jumlah peserta itu meningkat menjadi 40 atau 48 tim. Format 48 tim itu juga akan menghabiskan periode waktu yang sama seperti saat ini. Sejumlah federasi juga tampak setuju," tuturnya lagi.

Pekan lalu, FIFA telah mengumumkan analisis terkait penambahan jumlah peserta. Dari analisis mereka, format 32 negara tetap yang terbaik, tetapi peningkatan menjadi 48 kontestan juga bisa menghasilkan kualitas serupa.

Baca Juga:

Menurut mereka, dari lima opsi, format terbaik dengan 48 peserta adalah membaginya ke 16 grup dengan masing-masing berisi tiga negara. Dua tim teratas masing-masing grup akan melangkah ke babak 32 besar.

"Pembagian menjadi 16 grup dan berisi tiga negara merupakan format terbaik untuk Piala Dunia dengan 48 peserta, dianalisis dari sejumlah sisi," tulis penjelasan FIFA.

Secara keseluruhan, dengan total 80 pertandingan, Piala Dunia diperkirakan akan selesai dalam waktu 32 hari. Periode waktu tersebut sama dengan penyelenggaraan saat ini.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : ESPN FC


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X