MotoGP 2016, Musim yang Diwarnai Banyak Rekor

By Pipit Puspita Rini - Sabtu, 31 Desember 2016 | 20:00 WIB
Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez (tengah), berpose bersama kru untuk merayakan raihan gelar juara dunia kelima sepanjang karier setelah memenangi balapan GP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (16/10/2016).
TOSHIFUMI KITAMURA/AFP PHOTO
Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez (tengah), berpose bersama kru untuk merayakan raihan gelar juara dunia kelima sepanjang karier setelah memenangi balapan GP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (16/10/2016).

MotoGP 2016 berakhir dengan Marc Marquez keluar sebagai juara dunia. Bagi pebalap Repsol Honda asal Spanyol tersebut, ini merupakan gelar ketiganya di MotoGP setelah 2013 dan 2014.

Marquez juga menjadi pebalap yang paling banyak memenangi balapan musim ini yaitu lima kali. Dia sekali gagal finis setelah terjatuh saat balapan GP Australia di Sirkuit Phillip Island.

Marquez mengunci gelar juara dunia musim ini setelah memenangi balapan GP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Oktober. Ketika itu masih ada tiga seri yang belum digelar.

Valentino Rossi (Movistar Yamaha) menutup musim dengan berada di urutan kedua klasemen, sementara rekan satu timnya, Jorge Lorenzo, berada di urutan ketiga.

MotoGP 2016 juga diwarnai beberapa rekor baru, berikut ini di antaranya.

1. Empat pebalap raih kemenangan perdana

Empat pebalap meraih kemenangan perdana sejak ikut MotoGP. Mereka adalah Jack Miller (Marc VDS), Andrea Iannone (Ducati), Cal Crutchlow (LCR Honda), dan Maverick Vinales (Suzuki Ecstar).

Miller membuat kejutan besar ketika memenangi balapan GP Belanda di Sirkuit Assen yang untuk kali pertama digelar pada hari Minggu. Balapan 26 putaran ini sempat dihentikan karena hujan lebat.


Pebalap Marc VDS, Jack Miller, sedang merayakan kemenangan di podium setelah memenangi GP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (26/6/2016).(MIRCO LAZZARI SP/GETTY IMAGES)

Miller finis di depan Marquez dan Scott Redding (Pramac Ducati). Dia menjadi pebalap pertama di luar rider pabrikan yang memenangi balapan musim ini.

Bagi Miller, ini merupakan kali pertama dia naik podium sejak terakhir menjuarai GP Valencia 2014 di kelas Moto3.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X