Desakan Manuver Terakhir Bursa Musim Dingin di Premier League

By Rabu, 4 Januari 2017 | 13:28 WIB
Manajer Manchester United, Jose Mourinho, mendampingi anak-anak asuhnya dalam laga Premier League kontra Sunderland di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, 26 Desember 2016.
JAN KRUGER/GETTY IMAGES
Manajer Manchester United, Jose Mourinho, mendampingi anak-anak asuhnya dalam laga Premier League kontra Sunderland di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, 26 Desember 2016.

Premier League dikenal dengan kompetisi ketatnya. Kesengitan persaingan itu melebar sampai perekrutan pemain, termasuk di bursa transfer pertengahan musim. Aktivitas di bursa Januari kerap mengesankan keterdesakan, tapi bukan tanpa keberhasilan.

Penulis: Christian Gunawan

Setelah musim berjalan separuh, klub seharusnya telah mendapatkan tim terbaiknya. Namun, perjalanan takkan semulus yang diharapkan.

Cedera dan masalah kedalaman pasukan yang belum lengkap menjadi alasan pembelian pada Januari.

Keterbatasan waktu, jendela transfer hanya terbuka selama sebulan, merupakan penyebab aktivitas penggaetan pemain pada pertengahan musim ini tidak seramai musim panas.

Selain itu, klub penjual, terutama sesama kubu Premier League, juga tak gegabah melepas pemain menuju paruh kedua musim.

Pada sejumlah kesempatan, beberapa klub tampak memanfaatkan otot besar finansial mereka untuk melemahkan pesaing.

Hanya, mereka tak bisa leluasa melakukannya karena para rival akan memasang banderol tinggi buat andalan yang diincar.


Bek Benfica, Victor Lindelof (kanan), berduel dengan gelandang Estoril, Afonso Taira, dalam pertandingan Liga Portugal di Stadion Antonio Coimbra da Mota, Estoril, 17 Desember 2016.(PATRICIA DE MELO MOREIRA/AFP)

Anggapan melemahkan lawan juga boleh jadi kalah dari alasan utama, yakni memperkuat diri. Dana besar pencomotan pemain dari kubu lawan menguatkan alasan utama tersebut.

Jose Mourinho, bisa mengubah keputusan setelah perkembangan selama Desember. Seperti sudah disebut di atas, harga tak melulu sejalan dengan kualitas.

Namun, keberhasilan klub dalam bursa transfer Januari juga bukan hal yang aneh, apalagi jika ditarik dengan uang besar.

Baca Juga:

Bagaimanapun, bursa tengah musim ini adalah periode kesempatan terakhir pada musim berjalan untuk menambah amunisi.

Walau sejak sebelum pergantian tahun mereka kerap berusaha meredakan kabar mengenai kebutuhan akan pemain anyar, para pelatih sering melakukan manuver yang tidak diperkirakan sebelumnya.

Mereka malah bergeming meski diisukan akan menggeliat. Jose Mourinho misalnya, malah mengisyaratkan akan melepas pemain alih-alih membeli pada Januari.

Ia menilai Manchester United besutannya kini sudah tak membutuhkan tenaga baru. Bek Victor Lindelof, yang kabarnya hampir pindah dari Benfica, pun bersiap melihat kariernya berseragam United mengabur.

[video]http://video.kompas.com/e/5268477635001[/video]


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X