Agenda Sepak Bola Indonesia, Final SEA Games Menjadi Destinasi Minimalis

By Kamis, 5 Januari 2017 | 21:29 WIB
Jaya Kencana Angel, memiliki modal bagus di 2017 setelah menjadi juara pada 2016.
DOK. BOLA
Jaya Kencana Angel, memiliki modal bagus di 2017 setelah menjadi juara pada 2016.

Rangkaian penuh liku sepanjang 2016 ditutup dengan hasil membanggakan, meski hanya runner-up di Piala AFF 2016. Setidaknya pencapaian itu bisa menyuapi rasa percaya diri ke seluruh pelaku sepak bola Tanah Air bahwa Indonesia masih berada di papan atas Asia Tenggara.

Penulis: Kukuh Wahyudi

Berpijak pada hal itu, Indonesia seharusnya mampu meraih prestasi lebih membanggakan pada 2017, seperti di SEA Games ke-29, Kualifikasi Piala AFF U-23, U-19, dan U-16, serta di cabang futsal.

Langkah paling masuk akal untuk meraih hasil yang lebih baik tentu segera menyiapkan tim lebih dini.

Jangan sampai masalah klise persiapan yang mepet terulang. Ketua Umum PSSI yang baru, Edy Rahmayadi, wajib melakukan gebrakan pada tahun perdana kepemimpinannya. 

JANUARI

Kejuaraan Futsal AFF 2016 >> Final 23-29 Januari


Andri Kustiawan cs., berpotensi menghadapi Thailand di partai puncak.(FERNANDO RANDY/BOLA)

Pada ajang ke-12 nanti, timnas futsal diprediksi mampu menembus partai puncak. Tapi, selama masih ada Thailand, tampaknya agak sulit jika Bambang Bayu Saptaji dkk. menjadi juara. Pasalnya, mengalahkan negara peraih 10 gelar itu merupakan sesuatu hal yang mewah mengingat Thailand sudah masuk level Piala Dunia.

MARET

Liga Super Indonesia >> Persipura , Arema , Persib, Sriwijaya, Madura United masuk 5 besar

Liga Super Indonesia (LSI) akhirnya kembali bergulir setelah vakum pada 2015 dan 2016. Persipura, Arema, Persib, Sriwijaya, dan Madura United menjadi tim yang diprediksi menembus lima besar.

APRIL

Invitasi Kejuaraan Futsal Club AFF 2017 >> Juara 3-10 April


Jaya Kencana Angel, memiliki modal bagus di 2017 setelah menjadi juara pada 2016.(DOK. BOLA)

Vamos Mataram dan Jaya Kencana Angel akan manggung di ajang ini. Vamos tampaknya bisa melaju hingga partai puncak bahkan bisa menyabet juara.

Tim berlabel timnas mini ini memiliki kekuatan ideal untuk bersaing di Asia Tenggara. Sementara itu, JK Angel dengan kepercayaan diri yang tebal mampu mengulangi prestasi di 2016 dengan menjadi jawara di level AFF.

Kejuaraan Futsal AFC U-20 2017 >> Lolos Penyisihan Grup 20-30 April


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No.2.730


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X