Menjelang Piala Afrika 2017, Pantai Gading Unggul Selangkah

By Kamis, 5 Januari 2017 | 15:29 WIB
Sayap Crystal Palace, Wilfried Zaha, tiba di Stadion Turf Moor guna melakoni laga Premier League melawan Burnley pada 5 November 2016.
JAN KRUGER/GETTY IMAGES
Sayap Crystal Palace, Wilfried Zaha, tiba di Stadion Turf Moor guna melakoni laga Premier League melawan Burnley pada 5 November 2016.

Piala Afrika 2017 belum juga dimulai, salah satu kandidat kuat, Pantai Gading, sudah mendapatkan suntikan keunggulan masif. 

Penulis: Rizki Indra Sofa

Sumber optimisme muncul dari masuknya nama satu pemain, Wilfried Zaha, di dalam daftar sementara skuat Pantai Gading untuk Piala Afrika 2017. Sebuah kejutan mengingat Zaha sempat disebut sebagai salah satu berlian masa depan tim nasional Inggris.

Rupanya, kegamangan lantaran tak juga menjadi pilihan utama di Tim Tiga Singa menjadi salah satu alasan kuat ia memilih ganti membela Pantai Gading. Zaha tercatat sudah dua kali membela Inggris dalam sepasang laga persahabatan.

Ia berseragam Tiga Singa saat melawan Swedia pada November 2012 dan bersua Skotlandia sekitar satu tahun berselang. Hanya dua penampilan di usia yang sudah memasuki 24 tahun terasa kurang.

November silam, Zaha beserta keluarga dan perwakilan bertemu Presiden Federasi Sepak Bola Pantai Gading, Sidy Diallo. Ia mengutarakan maksudnya itu dan berlanjut dengan pengajuan ke FIFA untuk pengesahan dokumen, mengingat dua laga Zaha buat Tim Tiga Singa bukan pertandingan kompetitif.

Sah-sah saja. Zaha memang asli kelahiran Pantai Gading, lahir di Abidjan, kota dengan populasi alias jumlah penduduk terpadat di Afrika Barat. Pada usia empat tahun, Zaha dan keluarganya pindah ke Inggris untuk mencari masa depan yang lebih baik.

Mereka menetap di Thornton Heath, London. Putra kedelapan dari sembilan bersaudara ini salah satu jebolan dari akademi Crystal Palace. Ia mengecap 13 penampilan di tim Inggris U-21 dan meraih debut tim senior Inggris pada era Roy Hodgson.

Ironi Gervinho

Pelatih Inggris, Gareth Southgate, disebut masih berniat membujuk Zaha buat mengubah pikirannya. Tapi, masuknya nama si pemain di daftar sementara skuat Pantai Gading asuhan Michel Dussuyer untuk Piala Afrika 2017 membuat kans Southgate mengecil.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X