Keuangan Klub Jelang ISL 2017, Mulai Kikis Peran Sang Induk

By Sabtu, 7 Januari 2017 | 11:35 WIB
Striker Semen Padang, M Nur Iskandar (kiri), mencoba melewati pemain Barito Putera, Fathlul Rahman, dalam pertandingan Torabika Soccer Championshiop di Stadion Stadion H Agus Salim, Padang, pada 18 Oktober 2016.
DOK GTS
Striker Semen Padang, M Nur Iskandar (kiri), mencoba melewati pemain Barito Putera, Fathlul Rahman, dalam pertandingan Torabika Soccer Championshiop di Stadion Stadion H Agus Salim, Padang, pada 18 Oktober 2016.

Keberhasilan TSC dalam mendongkrak nilai jual turnamen hingga kisaran 450 miliar rupiah berefek panjang. PSSI dan klub yakin bahwa industri sepak bola dalam negeri di tahun ini semakin menggeliat.

Penulis: Kukuh Wahyudi/Yosrizal

Mereka optimistis bahwa olahraga ini tidak hanya tinggi dalam nilai berita, tetapi juga sudah mulai meningkat sisi komersialnya. Merespons hal itu, beberapa klub mulai lebih percaya diri untuk mengetuk pintu perusahaan-perusahaan dalam rangka "meminta" dukungan finansial.

Termasuk dua klub jebolan kompetisi Galatama yang sebelumnya dikenal hanya menginduk ke perusahaan pemilik, Semen Padang dan Barito Putera.

Selama ini Semen Padang cenderung hanya mengandalkan kucuran dana dari PT Semen Padang sebagai pemilik. Namun, tahun ini mulai dikikis untuk terjun di Liga Super Indonesia 2017.

PT yang menaungi Semen Padang, PT Kabau Sirah Semen Padang (KSSP), telah membuka diri kepada pihak luar untuk bekerja sama. SP sudah merasa waktunya mandiri agar tak tergantung pada pemilik.

"Semen Padang milik Sumatra Barat, Sumatra, bahkan nasional. Tidak saja milik PT Semen Padang, tetapi milik seluruh pencinta sepak bola," kata Rinold Thamrin, Direktur Umum PT KSSP.

"Karena itu, kami telah membuka dan menawarkan diri untuk semua sponsor bekerja sama secara komersial pada setiap musim kompetisi ke depannya," ujarnya.

Rinold tidak asal omong. Dia memastikan ada sekitar enam sponsor berskala nasional yang siap berkontribusi untuk kompetisi 2017. Walhasil, kostum Hengki Ardiles dkk tak lagi sepi.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X